Kegiatan PKBN2K

Jumat, 8 desember 2018 kemarin siswa-siswi kelas 8 dari SMPK 6 PENABUR mengikuti serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan PKBN2K. Bagi kita siswa-siswi Penabur pastinya harus mengetahui apa itu PKBN2K, apa itu PKBN2K? PKBN2K adalah singkatan dari Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kristiani. Kegiatan ini diadakan untuk mengajarkan kita apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam PKBN2K ini. Memangnya apa saja nilai-nilainya? Nilai-nilai yang terkandung itu ada ketaatan, kebaikan, kejujuran, kepedulian, keberanian, dan lain sebagainya. Kegiatan kemarin terasa sangat menyenangkan. Rasa lelah yang kami rasakan setelah PAS kemarin bisa tertutupi dengan keseruan acara kemarin. Penasaran apa saja kegiatannya? Berikut ini adalah kegiatan yang dilaksanakan kemarin.

Siswa masuk seperti biasa pukul 06.45, setelah itu menyanyikan lagu Indonesia raya dan visi-misi BPK PENABUR dan SMPK 6 PENABUR. Setelah itu acara dimulai dengan makan pagi bersama di kelas masing-masing. Siswa memakan bekal makan yang sudah dibawa dari rumah. Rasa kebersamaan sangat terasa saat momen ini. Kami bisa menghabiskan bekal sambil bercerita, tertawa bersama, dan berbagi makanan. Setelah makan kami semua naik ke “Mini Hall” untuk beribadah sejenak dan menyanyikan lagu-lagu rohani sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas segalanya yang telah diberikan. Kami juga mendapat pengarahan mengenai susunan kegiatan hari itu. Ibadah sudah selesai, dilanjutkan dengan pendalaman nilai-nilai PKBN2K melalui beberapa ayat alkitab dan penjelasan dari bapak ibu guru, setelah selesai dilanjutkan dengan kegiatan perjamuan kasih atau biasa disebut berbagi makanan bersama. Saat perjamuan kasih, kami tidak makan makanan berat melainkan cemilan-cemilan yang kami bawa. Setiap kelas membawa makanan yang berbeda-beda. Ada yang membawa kue, biscuit, chiki, dan banyak lagi.

Setelah kenyang makan bersama kami melanjutkan acara dengan kegiatan yang paling menyenangkan dan paling seru yaitu bermain game. Game yang dimaksud bukan game di handphone, tetapi game untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakkan antar kelas. Game yang paling pertama dimainkan adalah tebak kata. Game ini membutuhkan kelincahan, kekompakkan, dan pengetahuan yang luas.  Mengapa begitu? Game ini dilakukan dengan guru yang memberi pertanyaan dan kami semua harus menjawab pertanyaan itu dengan menyusun huruf-huruf yang kami kalung-kan di leher. Siapa yang paling cepat dan benar maka dia yang akan mendapat poin. Game berlangsung dengan menyenangkan. Kelucuan yang menimbulkan tawaan memenuhi suasana dalam game ini. Beberapa pertanyaan memang bisa dijawab dengan mudah, tetapi menyusun kata menjadi masalah utama bagi kami. Kalau tidak terjalin kekompakkan dalam kelompok maka jawaban tidak akan tersusun dengan baik.

Setelah itu dilanjutkan dengan game tebak lagu. Game ini diikuti oleh semua siswa dari masing-masing kelas. Guru akan memainkan piano pada bagian lagu tertentu dan kami semua harus bisa menjawab lagu apa yang dimainkan. Game ini berlangsung dengan sangat heboh. Semua kelas antusias menjawab lagu-lagu yang dimainkan. Lagu-lagu yang dimainkan adalah lagu lagu rohani. Game yang ke 3 adalah cerdas cermat alkitab. Game ini dilakukan dengan 2 jenis permainan. Yang pertama menebak isi dari ayat alkitab dan yang ke-2 menyusun ayat alkitab. Game yang pertama ini merupakan lomba membuka ayat alkitab. Guru akan memberikan ayat dan kita harus cepat-cepat membuka ayat itu. Siapa yang cepat dan tepat, maka dia yang berhak mendapat poin. Game yang ke 2 adalah dengan menyusun kata-kata yang diacak menjadi sebuah ayat alkitab. Dalam ke-2 game ini kami membutuhkan kecepatan dan pengetahuan.Selain game-game ini, ada juga lomba membuat poster, mading, pantun, dan puisi. Dalam membuat poster, kami harus menyesuaikan gambar dengan tema, yaitu ketaatan. Dalam lomba madding dan poster dibutuhkan kreatifitas, dan kerjasama antar tim. Dalam lomba pantun dan puisi dibutuhkan pemahaman, dan kreatifitas.

Lomba-lomba berlangsung dengan seru dan menyenangkan. Selain bisa bersenang-senang, kami juga bisa belajar bagaimana cara menjadi seorang kristiani yang baik, bagaimana cara menjadi pribadi yang taat, dan bagaimana cara untuk menjaga solidaritas dan kekompakkan. Kita semua harus tahu seberapa pentingnya nilai-nilai PKBN2K dalam kehidupan kita. Kita semua juga harus bisa menerapkan nilai-nilai itu dalam kehidupan kita. Semoga dengan adanya kegiatan ini kami bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan bisa menjadi siswa yang taat pada Tuhan serta pada guru, orang tua, dan aturan yang ada. Sekian cerita mengenai kegiatan kemarin, saya selaku Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR mengucapkan terimakasih dan semoga Tuhan memberkati kita selalu.

 

Ditulis : Nathalia Saputra (8B) – Jurnalistik P6