Screening Kesehatan Siswa Kelas 7

Skrining (screening) adalah deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara klinis belum jelas dengan menggunakan test, pemeriksaan atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orang-orang yang kelihatannya sehat tetapi sesunguhnya menderita suatu kelainan. Test skrining dapat dilakukan dengan Pertanyaan (anamnesa), Pemeriksaan fisik, Pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan meliputi kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan laboratorium untuk anemia dan cacingan, dan pengukuran kebugaran jasmani.

Pada hari Selasa, 6 November 2018 seluruh siswa kelas 7 SMPK 6 PENABUR melakukan skrining yang dilakukan oleh Tim Kesehatan BPK PENABUR bekerjasama dengan Puskesmas Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 14.30 WIB.

Satu per satu siswa masuk ke ruang pemeriksaan dan menjalani serangkaian pemeriksaan. Dilanjutkan mengisi data ke lembar riwayat kesehatan yang sudah dibagikan oleh Tim Kesehatan BPK PENABUR. Bagian terakhir adalah siswa memasukkan data riwayat kesehatan ke dalam komputer secara online untuk menjadikan database rekam medis seluruh siswa di sekolah PENABUR.

 

Ditulis oleh : Mahlan, S.Si (Guru Bimtik P6)