PEER EDUCATOR

Pengertian dari Peer Educator adalah anak mantan anak didik yang mempunyai pengaruh terhadap-teman-temannya dan telah dilatih untuk melakukan pendampingan terhadap sesama mantan andik bersama pekerja sosial. Peer Educator sangat membantu pekerja sosial karena anak dapat lebih terbuka dalam menyampaikan informasi mengenai masalah dan kebutuhan sesama mereka.

Peer Educator dipilih dari mereka yang mempunyai pengaruh terhadap teman lainnya, bertujuan untuk menghindari kecurigaan anak, menimbulkan kepercayaan terhadap anak lain dan mempengaruhi pola pikir temannya.

Peer Educator dipilih berdasarkan atas pengaruh seseorang terhadap kelompoknya. Setelah mereka dilatih, secara reguler masing-masing Peer Educator melakukan pertemuan/local meeting dengan temannya bersama dengan pekerja sosial di wilayah dampingannya. Dalam pertemuan itu membahas permasalahan-permasalahan, issue-issue terbaru maupun harapan anak dampingan. Selain itu, sesama Peer Educator dan pekerja sosial melakukan pertemuan rutin secara reguler untuk sharing pengalaman di wilayah dampingan masing-masing.

Pada hari Jumat, 2 November 2018 diadakan “Temu Akbar Peer Educator Kesehatan Jenjang SMPK PENABUR Jakarta”. SMPK 6 PENABUR megirimkan perwakilan siswa yaitu Angeline Aiko (9A), Jessica Daniella (9A), Brandon Juta (9A), Lawrence (8A), Berwyn (8B), Danisha (8B) dan Nelson (8E). Sebagai pendamping adalah ibu Brigitta Juliana, S.Pd, selaku guru bimbingan konseling SMPk 6 PENABUR.

Tema yang diambil adalah Peer Educator as Agent for Change. Perwakilah dari SMPK 6 PENABUR menjadi juara 1  lomba vlog Peer Educator  dan Angeline Aiko menjadi juara 2 lomba Kahoot Peer Educator.

 

Sumber – https://rumahkita2010.wordpress.com/2010/05/19/peer-educator/

Ditulis ulang oleh : Mahlan, S.Si (Guru Bimtik P6)