KEGIATAN DEWAN GALANG

Dewan Galang di seluruh SMPK PENABUR Jakarta melaksanakan kegiatan pada tanggal 24-26 Oktober 2018 bertempat di Cidokom, Kopo, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Hari pertama diawali dengan peserta mengasah ketrampilan menggunakan kompas dalam mencari jejak menuju area camping. Setiba di area camping peserta mendirikan tenda dan tapak kemah. Kemudian secara beregu peserta mengikuti materi berupa keterampilan dasar kepramukaan. Sore harinya peserta bekerjasama dalam mempraktikkan keterampilan dalam memasak nasi dengan menggunakan kayu bakar dan parafin. Mereka berbelanja kebutuhan sayur dan lauk dengan menggunakan mata uang dari daun.  Keseruan pun terjadi manakala hujan mengguyur area perkemahan dimana semua peserta bekerja sama membuat parit kecil di sekitar kampung perkemahan, mempertahankan tenda dapur supya tetap berdiri teguh meski terkena hujan dan angin, memperbaiki tenda-tenda yang bocor. Malam harinya peserta mendapat kesempatan untuk menunjukkan bakatnya di acara api unggun.

Hari kedua dimulai dengan saat teduh, olah raga, dan masak sarapan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kerja bakti bersama warga membangun jalan bagi warga setempat. Ketika menjelang senja hujan pun kembali menyapa. Tanah becek tidak menghalangi kekompakan peserta dalam beraktifitas dan mengadakan kegiatan panggang-memanggang makanan (barbeque) bersama.

Hari ketiga diawali dengan renungan bersama, senam, masak, sarapan, dan berkemas-kemas menggulung tenda dan membersihkan tapak kemah. Ketika upacara penutupan diumumkan penilaian-penilaian yang dilakukan oleh panitia. Puji Tuhan dewan galang SMPK 6 PENABUR mendapat kesempatan juara ke-2 lomba keterampilan memasak. Selain itu salah satu peserta atas nama Tommy Wijaya mendapat penghargaan dari panitia sebagai peserta terbaik yang selalu sukacita, tanpa mengeluh , pantang menyerah dalam melakukan kerja bakti.

Demikian seluruh rangkaian kegiatan dewan galang ini dilaksanakana dan pada akhirnya seluruh peserta kembali ke rumah masing-masing dengan keadaan baik dan tidak kekurangan suatu apapun. Bahkan kegiatan selama tiga hari memberikan manfaat yang cukup banyak bagi para peserta khususnya dalam hal kemandirian, kerjasama dan kedisiplinan. Semoga hal positif ini bisa ditularkan kepada adik-adik kelas khususnya dalam Kepramukaan sehingga tercipta karakter dan budaya yang baik di sekolah maupun di rumah.

PENABUR                                       : SIAP BERKARYA

PRAMUKA SMPK 6 PENABUR : SIAP BERKARYA NYATA

 

 

Ditulis oleh : Ibu Ekawati Rini, M.Th (Pembina Pramuka P6)

Diedit oleh  : Mahlan, S.Si (Guru Bimtik P6)