2 Medali SASMO untuk SMPK 6

Singapore and Asian Schools Maths Olympiad (SASMO) adalah kompetisi matematika tingkat Asia jenjang SD hingga SMP mulai kelas 2 hingga kelas 10. Kompetisi tahunan ini sejak tahun 2005 dan tahun ini merupakan pelaksanaan kompetisi ke 10. Tahun 2014 peserta SASMO hampir 20 ribu siswa dan tahun 2015 lebih dari 30 ribu siswa. Negara yang berpartisipasi di antaranya Brunei, Bulgaria, China, Filipina, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Singapura, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Vietnam.

Kompetisi SASMO merupakan lomba matematika yang disarankan diikuti karena dapat digunakan sebagai tolok ukur kompetensi siswa di bidang matematika dibandingkan dengan peserta dari berbagai negara karena peringkat nilai peserta diranking dari seluruh negara peserta (global ranking). Apalagi kompetisi ini murah sekali dalam pemberian penghargaan (medali). Top skor 8% peserta mendapat medali emas, 12% berikutnya mendapat perak, dan 20% berikutnya perunggu. Apta dua kali ikut SASMO meraih Gold tahun 2013 peringkat 16 ASEAN dan tahun 2015 peringkat 19 ranking global.

Enaknya kompetisi SASMO pelaksanaan hanya sekali, tidak ada babak penyisihan, semifinal, dan final. Apalagi lokasi lomba di beberapa kota sehingga tidak mengganggu pelajaran sekolah ketika datang mengikuti lomba. Biayanya pun relatif murah, dan medali maupun soal yang telah dijawab peserta dikirim ke alamat peserta tanpa biaya tambahan.

Dengan adanya peringkat maka peserta dapat mengetahui kemampuan peserta yang lain sehingga dalam lomba serupa dapat diprediksi peringkatnya pula. Pada kesempatan kali ini maka peserta dari SMPK 6 PENABUR mendapatkan medali emas (gold medal) atas nama Marvel Cokro (8A) dan medali perunggu (bronze medal) atas nama Vioness Valerie (7E).

Selamat untuk Para Juara …

 

 

Sumber :  http://www.apta-academy.org/2015/06/sasmo/
Diedit oleh : Mahlan (Guru Bimtik SMPK 6)