ENTREPRENEURSHIP

Apa sih entrepreneurship itu? Entrepreneurship merupakan jiwa berbisnis atau kewirausahaan yang dimiliki oleh seseorang dan hal itu ia terapkan dalam kehidupannya. Saat ini, banyak orang yang membentuk sebuah inovasi baru dan  hasil dari inovasi tersebut dapat ia jual. Banyak barang yang memiliki nilai jual tinggi, namun ada juga yang tidak. Kini SMPK 6 PENABUR mengajak para muridnya untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan tersebut. Para murid kelas 7 dan 8 diwajibkan untuk memikirkan suatu inovasi yang nantinya dapat dijual kepada orang tua murid maupun guru. Kegiatan ini dimulai sejak akhir tahun 2017 dan penjualan produk dilaksanakan pada Sabtu, 24 Maret 2018 di koridor lantai 3 SMPK 6 PENABUR.

Para murid kelas 7 diharuskan untuk membuat hasil karya kerajinan yang berasal dari barang bekas, sedangkan murid kelas 8 menjual makanan atau minuman yang berbahan dasar dari kacang kedelai. Seperti salah satu murid kelas 8 yang bernama Gabriella, ia dan kelompoknya menjual salted egg tempe nugget. Unik sekali bukan? Maureen dari murid kelas 8 juga menjual banyak macam makanan, mereka menjual puding kacang kedelai, hamburger tempe dan tempe nugget. Kebanyakan murid menjual makanan yang sedang trend.

Tentunya dalam membuat suatu produk, pasti membutuhkan modal. Maka dari itu para murid juga diwajibkan untuk mencari modal yang nantinya diperlukan untuk membeli bahan baku produk dan stan. Pencarian modal dapat dilakukan dengan berjualan makanan keliling sekolah pada saat jam istirahat. Hal ini juga mengajarkan para murid bahwa mencari modal untuk membangun sebuah usaha itu tidak mudah.

Secara keseluruhan, kegiatan entrepreneurship ini mengajarkan kita bahwa mencari uang itu sulit dan butuh usaha yang keras. Kegiatan ini juga mengajak kita untuk dapat bekerja sama dengan rekan setim. Kita dilatih untuk terus bersabar dalam menghadapi rekan setim yang mungkin agak malas. Kita juga diajarkan untuk memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang baik. Selain itu, masih banyak hal lain yang dapat diambil dari kegiatan ini.

 

 

 

Ditulis oleh : Nathasya (8E)