Serunya “Dapur Dongeng” !

Dongeng adalah cerita khayalan atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng adalah cerita yang dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa.

Sedangkan pengertian dongeng menurut James Danandjaja, dongeng adalah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur. Meskipun demikian, banyak pula dongeng yang berisi ajaran moral, melukiskan kebenaran, bahkan ada pula jenis dongeng yang mengandung sindiran.

Pada hari Rabu, 21 Februari 2018 para peserta didik SMPK 6 PENABUR kedatangan Tim Pendongeng yang bersedia untuk membagi ilmunya khususnya berkaitan dengan dunia pendidikan dan anak-anak. Pada saat itu materi yang dijadikan topik utama dalam “Dapur Dongeng” adalah tentang bahaya narkoba dan minuman beralkohol terhadap manusia.

Kegiatan ini berlangsung dimulai dari pukul 07.00 s.d. 09.00 WIB untuk peserta didik kelas VII dan dilanjutkan pukul 10.00 s.d. 12.30 WIB untuk peserta didik kelas VIII. Seluruh peserta yang terlibat cukup antusias dalam mengikuti acara dari menit awal sampai akhir. Setiap kelas terbagi dalam kelompok-kelompok kecil dan setiap kelompok tersebut dipandu oleh salah satu mentor yang akan membimbing dan mengarahkan setiap instruksi dari pembawa acara.

Di akhir sesi maka setiap kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil karya masing-masing terhadap narasumber. Acara tampak sangat dinamis karena setiap kelompok peserta bisa memunculkan gagasan serta alas an tentang karya mereka. Ada juga hal-hal yang lucu di sela-sela presentasi hasil karya tersebut sehingga memancing gelak tawa para peserta yang sedang duduk sebagai penonton.

Sumber berita : http://www.pengertianahli.com/2013/12/pengertian-dongeng-dan-jenis-dongeng.html

 

 

Ditulis oleh : Mahlan,S.Si (Guru Bimtik P6)