Sejarah Hari Valentine Yang Menyimpan Kisah Tragis

sejarah hari valentine

Sejarah Hari Valentine – Valentine’s Day diperingati setiap tanggal 14 Februari. Bagi sejumlah orang, hari valentine merupakan momen untuk mengungkapkan kasih sayang kepada orang-orang terdekat. Namun ada juga yang menganggap hari valentine hanyalah konspirasi untuk meningkatkan penjualan produk-produk yang relevan dengan hari kasih sayang tersebut, seperti: cokelat, bunga, kartu ucapan, dan merchandise lainnya. Momen ini pun tidak dilewatkan oleh e-commerce atau toko online yang bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dengan memberikan kode promo spesial hari valentine.

 

sejarah hari valentine

Tapi di balik anggapan-anggapan tersebut, tahukah kamu sejarah atau asal-usul diperingatinya hari valentine?

Ada beberapa versi cerita yang dipercaya sebagai kisah asal mula diperingatinya hari valentine, yang mana dari semuanya tidak ada kisah bahagia atau akhir cerita indah. Inilah 2 kisah yang menjadi sejarah hari valentine yang paling dikenal orang:

  1. Kisah dari abad ketiga pada masa Kaisar Romawi Claudius II. Saat itu, Claudius II melarang para pemuda untuk menikah. Sebab, menurutnya, menikah dapat membuat mereka tidak produktif lagi dan tidak bisa membuat mereka jadi prajurit yang baik.Namun, seorang pendeta bernama Valentine kala itu, melanggar peraturan Claudius II. Secara diam-diam ia menikahkan beberapa pasangan muda. Namun, kisahnya berakhir tragis. Akhirnya ia ditangkap, dipenjarakan, dan dihukum mati dengan cara dipenggal pada tanggal 14 Februari pada masa tersebut. Sebelum dieksekusi, ia diduga mengirimkan surat yang bertuliskan ‘from your Valentine’ yang ditujukan kepada kekasihnya.

 

  1. Kisah Valentine yang lain sedikit berbeda. Valentine adalah seorang pemuka agama di Kekaisaran Romawi yang membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II. Saat dipenjara, ia mengembalikan penglihatan seorang gadis yang buta, yang kemudian jatuh cinta padanya. Valentine yang ini juga dieksekusi penggal pada 14 Februari.Apapun kisah asal mulanya, mengungkapkan kasih sayang tidaklah harus menunggu hari valentine. Yaa, mungkin akan terasa lebih spesial jika dilakukan saat momen valentine.Satu hal lagi yang kadang terlupakan di hari valentine. Sebagian menganggap hari valentine adalah hari untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pacar saja. Padahal, di hari valentine ini kita bisa mengungkapkan kasih sayang kepada keluarga, orang tua, saudara, dan teman-teman terdekat.

 

Selamat Hari Valentine, Tebarkan Kasih Sayang Untuk Semua Orang.

 

Ditulis oleh : Redy Septyanto (IT BPK Penabur Area MK)