Pengguncang Bumi Beraksi!

Pada tanggal 23 Januari 2018 pukul 13:35 WIB, gempa menyerang Kota Jakarta lantas menjadikan SMPK 6 PENABUR salah satu gedung yang ikut terguncang. Dalam sekejap, para guru dan murid yang sedang beraktivitas pun berevakuasi ke lapangan sekolah. Gempa dari kedalaman 10 km dan sebesar 6,4 Skala Richter tersebut berasal dari Lebak Banten yang mengenai wilayah dalam jarak 81 km arah baratdaya.

Untungnya, gempa tersebut hanya berlangsung selama kurang lebih 60 detik dan tidak memicu tsunami sehingga rakyat pun dapat menghela nafas lega. Meski tidak memicu tsunami, gempa tersebut berdampak amat parah terhadap rakyat di Banten. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menyatakan bahwa sebanyak 1.231 rumah di wilayah Banten serta Jawa Barat rusak akibat gempa yang menyerang wilayah mereka. 1.125 diantaranya hanya mengalami rusak ringan sementara 106 rumah lainnya rusak berat. Adapula warga bernama Baya yang meninggal akibat kaget oleh gempa yang terjadi.

Setelah gempa berkekuatan besar tersebut berlalu, susulan yang melanda tidak terlalu besar dan nyaris tidak terasakan oleh rakyat. Oleh karena itu, bila gempa kembali terjadi rakyat pun diharapkan untuk menjaga keselamatan masing-masing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Saat gempa berlangsung, tetaplah tenang dan cari tempat untuk berlindung.

 

Sumber foto: tekno.tempo.co

Ditulis Oleh     : Brigitta, 8A (Ekstrakurikuler Jurnalistik)