LDK OSIS dan MPK Masa Bakti Tahun 2017-2018

Pada hari Rabu, 1 November 2017 SMPK 6 PENABUR melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Para peserta pelatihan terdiri atas anggota OSIS dan anggota MPK yang mewakili masing-masing kelas.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB bertempat di Mini Hall sekolah dan diawali dengan pembukaan sekaligus kata pengantar dari Kepala SMPK 6 PENABUR, Ibu Triana Nilasari. Dilanjutkan dengan pemaparan tentang konsep kepemimpinan yang dibawakan oleh Ibu Sih Widayati, Bapak Raiders S. Marpaung, Ibu Adesta Nugraeni dan Bapak David Setiawan.

Para peserta diberi waktu istirahat sekitar 30 menit mulai pukul 09.30 WIB. Acara dilanjutkan ke arena outdoor yang bertempat di Waduk Pluit. Para peserta sejumlah 41 siswa beserta para guru pendamping berangkat menuju ke tempat tersebut dengan menyewa angkutan umum dan kendaraan pribadi.

Sesampainya di Waduk Pluit kami memulai dengan briefing sekitar 10 menit untuk membagi regu dan konsep permainan yang harus dilakukan oleh para peserta. Permainan atau game terdiri atas 4 jenis yaitu injak kertas, lipat alas, bola estafet dan angkat botol. Para peserta dibagi ke dalam 4 kelompok yang terdiri atas kurang lebih 10 siswa.

Pada pukul 13.00 WIB kami semua melakukan istirahat siang sambil makan siang di Waduk Pluit. Setelah selesai istirahat kami melanjutkan acara terakhir yaitu pemaparan program kerja serta simulasi kerja para seksi dari masing-masing anggota OSIS dan MPK. Acara dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak David Setiawan. Kami mengakhiri kegiatan ini tepat pukul 14.00 WIB dan melakukan perjalanan kembali ke sekolah dengan mengendarai angkutan umum.

Dari kegiatan ini maka para peserta diharapkan bisa menumbuhkan nilai-nilai Kristiani diantaranya kepemimpinan berlandaskan firman Tuhan, bermusyawarah untuk mencapai mufakat serta bekerja tanpa pamrih untuk sesama.

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)