Pentingnya Perpustakaan Bagi Siswa SMPK 6 PENABUR

Suasana sejuk dari pendingin udara yang menyala terasa begitu memasuki ruangan seluas 12 x 12 meter itu. Dan kemudian langsung tercium aroma pengharum ruangan yang nyaman dan terlihat buku yang tertata rapi dan siap untuk dinikmati pengunanya. Tidak lain dan tidak bukan adalah ruangan PERPUSTAKAAN. Selain rak berisi buku-buku, di sisi kiri ruangan juga berbaris perangkat komputer yang terkoneksi internet. Fasilitas ini bisa digunakan oleh anak-anak secara gratis. Meja dan kursi pun tertata rapi di tengah-tengah ruangan.

Ruangan itu adalah Ruang Perpustakaan SMPK 6 PENABUR Jakarta. Dari luar ruangan terlihat beberapa orang anak laki-laki sedang asyik berkerumun membaca buku cerita bergambar. Mereka duduk dengan tertib dan antusias dengan buku bacaan mereka. Di sisi ruangan berjejer rak-rak yang berisi ribuan buku. Terletak di lantai 2 Gedung SMPK 6 PENABUR Jakarta Utara, perpustakaan ini memiliki koleksi buku anak yang lengkap dan beragam. Ada sekitar 15.000 lebih  judul buku yang dapat dibaca oleh anak-anak dan juga guru-guru. Jenisnya beragam seperti buku-buku cerita bergambar, kamus, ilmu pengetahuan, serta buku penunjang mata pelajaran di sekolah.

Setiap hari perpustakaan ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Sekitar 100 hingga 200  anak, setiap hari silih berganti datang. Mereka bisa menikmati buku bacaan atau sekadar menggali informasi melalui internet. Seperti yang dilakukan oleh Matthew (8D) dan kawan-kawannya, yang datang ke perpustakaan saat istirahat. Antusiasme anak-anak yang cukup besar. Apalagi didukung dengan koleksi buku-buku yang memang sangat diminati untuk dibaca.

Perpustakaan tidak semata-mata menjadi sarana belajar dan pusat informasi, melainkan juga memiliki fungsi rekreatif. Di perpustakaan, tersedia pula buku-buku fiksi dan bacaan menarik seperti komik sains sebagai hiburan siswa yang mengunjunginya. Mereka dapat berkunjung mencari bacaan diwaktu jam kosong pelajaran atau waktu istirahat.

Selain itu juga siswa dapat menggunakan ruang perpustakaan untuk berdiskusi dengan teman ataupun dengan guru untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Sehingga dalam diri siswa juga dapat ditanamkan saling menghargai, saling berbagi, demokratis, kreatif, analitis.

Untuk memfasilitasi layanan perpustakaan di atas, Bapak Doni sebagai pustakawan & Bapak Sys sebagai asisten pustakawan silih berganti dengan setia melakukan berbagai tugas layanan, antara lain Bapak Doni seperti gambar di bawah melakukan layanan pengguna yaitu merperkenalkan kepada siswa-siswi berbagai koleksi dan layanan yang ada di perpustakaan SMPK 6 PENABUR. Sehingga siswa mengetahui dengan baik apa yang dapat dilakukan di perpustakaan dan memanfaatkannya untuk kegiatan belajar.

Dan Bapak Sys melakukan salah satu layanan yaitu layanan sirkulasi peminjaman koleksi buku kepada siswa-siswi pada waktu istirahat, dan untuk menambah hobi membaca siswa kami menyediakan perpustakaan online yang dapat di akses oleh siswa/i melalui gadget, dengan mengunduh aplikasi melalui android dan iOS sehingga siswa dapat membaca kapan saja dimana saja.

Sayangnya, saat ini keberadaan perpustakaan dianggap sebagai pelengkap fasilitas sekolah saja. Dengan kata lain, komponen-komponen di dalam sekolah masih belum           memanfaatkannya secara optimal. Pada dasarnya, perpustakaan berfungsi sebagai sumber referensi dan bahan pustaka melalui berbagai jenis koleksi dan dapat disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlangsung. Siswa yang tengah mencari materi terkait pelajaran tertentu dapat ke perpustakaan untuk menemukannya. Seperti yang kita ketahui, saat ini siswa semakin dituntut untuk bersifat aktif dengan mencari bahan pustaka sendiri. Terlebih saat mereka diminta guru untuk berdiskusi dan mempresentasikan materi di kelas. Buku-buku yang ada di perpustakaan dapat menjadi referensi untuk mereka.

Nah, dengan adanya perpustakaan dan berbagai layanannya diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa mengingat pentingnya hal ini. Bukankah buku adalah jendela dunia? Sudah sewajarnya kita semua yaitu pihak sekolah khususnya perpustakaan mengambil langkah khusus guna menarik siswa untuk datang, membaca, dan meminjam buku ke perpustakaan. Salah satunya dengan menyediakan bacaan yang menarik dan up-to-date. Selain itu, pustakawan juga perlu melakukan promosi dengan maksimal agar semakin banyak siswa yang tertarik. Dapat disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan siswa dan penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu, manfaatkan keberadaan perpustakaan sebaik-baiknya!

 

(Ditulis oleh : Bpk. Sys Zebua, Pustakawan SMPK 6)