Kelompok Tumbuh Bersama (KTB)

Kelompok Tumbuh Bersama adalah kumpulan orang-orang yang dengan menyadari akan kasih karunia Allah yang berlaku di dalam kehidupan mereka, bertemu untuk mendalami firman Tuhan, berbagi pengalaman, serta saling mendukung dan mendoakan antara seorang dengan yang lain dalam proses pemulihan karakter dan pertumbuhan menjadi seperti Kristus.

KTB merupakan komunitas untuk belajar, komunitas untuk bersekutu, komunitas untuk penginjilan, dan komunitas untuk bermisi. Kelompok Tumbuh bersama adalah strategi pemuridan dari pola pembinaan kelompok kecil yang dimodelkan Kristus. Atau lebih jelas lagi, Kelompok Tumbuh Bersama adalah Strategi pemuridan dari pembinaan kelompok kecil yang terdiri dari 3-6 orang, dengan satu orang pemimpin, yang bersama-sama berkomitmen untuk bertumbuh di dalam persekutuan dan pengetahuan Firman Tuhan.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 4 Oktober 2017 bertempat di ruang kelas 9C. Acara dipandu oleh Pdt.Emiritus Roni dari GKI Muara Karang dan sebagai moderator adalah Ibu Ekawati selaku guru agama Kristen. Sebagian besar guru SMPK 6 PENABUR terlibat dalam kegiatan ini.

Fungsi dari KTB adalah :

  • mempersiapkan guru-guru untuk mempunyai hubungan pribadi dengan Tuhan dan hubungan pribadi dengan sesama yang baik, sehingga mereka menjadi duta Kristus yang siap diutus ke lingkungan masing-masing
  • Mempersiapkan guru-guru untuk menjadi pembina-pembina rohani yang dapat dipercaya dan cakap mengajar orang lain

Pada pertemuan pertama kali ini para peserta belajar tentang tiga hal pokok yang bersumber dari buku “Guru Yang Setia”. Ketiga hal pokok tersebut antara lain :

  • Kesetiaan Itu Aktif Bukan pasif, diambil dari kitab suci Markus 25:14-30
  • Kesetiaan Itu Menyelamatkan, diambil dari kitab suci Kejadian 7:1-24
  • Kesetiaan Itu Memberi Kekuatan Pada Masa Sulit, diambil dari kitab suci Ayub 20:20-22

Nilai-nilai karakter yang bisa dikembangkan dari kegiatan ini adalah guru bisa belajar tentang kesetiaan terhadap Tuhan dan sesama.

 

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)