Go Green

Program “Go Green” SMPK 6 Penabur merupakan program rutin yang diterapkan kepada siswa dengan tujuan mengajak siswa untuk menjaga lingkungan sekitar tetap bersih, asri dan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 28 September 2017 dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB bertempat di sekitar halaman sekolah melibatkan seluruh siswa kelas 7 dan 8 secara bergiliran tiap kelas.

Penerapannya diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan yang intinya menghimbau siswa untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dengan cara membawa tempat makan yang dapat diisi ulang saat jajan di kantin, melakukan penghematan listrik dengan mematikan lampu di kelas saat jam istirahat, menghemat air dengan tidak membuka kran air besar-besar serta mematikan kran air saat melakukan penyabunan pada saat cuci tangan supaya air tidak terbuang terlalu banyak. Bentuk penghematan yang lain adalah memanfaatkan kertas pada kedua bagian sisi hingga penuh saat digunakan.

Selain kegiatan tersebut, siswa juga belajar praktik langsung di alam terbuka dengan cara bercocok tanam di pot dan menatanya di pojok lingkungan sekolah agar menambah keasrian lingkungan sekolah. Dengan adanya banyak tanaman yang dipelihara di sekitar lingkungan sekolah maka juga turut membantu ketersediaan oksigen untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Melalui program ini siswa belajar nilai-nilai karakter Kristiani di antaranya menanamkan kebiasaan sikap peduli pada lingkungan sekitar, bekerjasama dalam tim saat bercocok tanam, belajar antri dan bersabar menunggu giliran saat ingin menata pot di tembok pojok sekolah, mensyukuri hasil ciptaan Tuhan sebagai suatu anugerah, serta menanamkan rasa percaya diri dan berani bertanya saat mengalami kesulitan ketika praktik bercocok tanam.

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)