Entrepreneurship, Mengembangkan Nilai Karakter

Entrepreneurship merupakan proses ketika seseorang mampu memunculkan ide untuk berwiraswasta. Dapat dikatakan bahwa entrepreneurship bukan lagi suatu profesi namun jiwa, yaitu jiwa untuk bekerja-keras, konsisten, tekun, kreatif, inovatif, inspiratif, jujur, risk taker, tekun, dan berkualitas. Seseorang yang memiliki jiwa entrepreneurship, masing-masing mempunyai ide yang berbeda dengan orang lain. Apabila seseorang kesulitan memunculkan ide, maka melalui diskusi dengan kelompok dan berpendapat mereka dapat saling bertukar pikiran bahkan mampu membuat kolaborasi ide.

Tepatnya pada Selasa, 3 Oktober 2017, BPK Penabur mengadakan pelatihan entrepreneurship di ruang serba guna SMPK 1 Penabur. Narasumber kegiatan ini yaitu Ibu Peni Zulandari dan Ibu Elisabeth Novira da Silva selaku dosen Universitas Prasetiya Mulya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa SMPK Penabur, antara lain: SMPK 1 Penabur, SMPK 6 Penabur, SMPK Penabur Bintaro Jaya, SMPK Penabur Kota Jababeka, dan SMPK Penabur Tirta Marta 2.

SMPK 6 Penabur mengirim 22 guru untuk mengikuti pelatihan entrepreneurship. Melalui pelatihan ini, guru SMPK 6 Penabur memperoleh materi yang dapat digunakan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter kristiani pada anak didik. Selain itu, guru juga mampu mengajarkan jiwa entrepreneurship pada anak didik. Nilai karakter yang dapat diperoleh salah satunya adalah saling menghargai pendapat orang lain. Dengan adanya pelatihan entrepreneurship, guru juga diharapkan mampu mengembangkan diri sehingga mampu melayani anak didik dengan penuh kasih.

 

(Ditulis oleh : Devita Lombogia, S.Pd)