LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Kelas 9 T.A. 2017-2018

Pada tahun pelajaran 2017-2018 siswa kelas 9 sejumlah 164 telaj melaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Kelas IX SMPK 6 Penabur. Acara dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2017 bertempat di Aula dan Lapangan Sekolah Penabur Muara Karang.

Para panitia terdiri atas Adesta N.K, S.Si (Ketua), Agustinus T.B, S.Pd (Sekretaris), Dra. Sih Widayati (Bendahara), Brigitta J.H. Tumilisar, S.Pd, Arum S, S.Pd, Andreas Aris A, S.Pd, Suko Rahadi, S.Pd, Rahel Tamariska, S.Pd, M.C. Sius S, S.Pd (Sie Acara), Drs. Agung Widyo P dan Johanes Gunadi, S.Pd  (Sie Perlengkapan) serta Yohanes Doni (Sie Dokumentasi).

Kegiatan dimulai dengan “Upacara Bendera” di Lapangan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan “Seminar Keteladanan” di Aula sampai pukul 10.00 WIB. Setelah beristirahat kurang lebih 30 menit maka pada pukul 10.30 melanjutkan kegiatan “Outdoor Activities” bertempat di Lapangan. Setelah istirahat kedua maka acara terakhir yaitu “Reflesi dan Pembagian Hadiah” yaitu pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB bertempat di Lapngan.

Materi yang diberikan oleh panitia terdiri atas :

  1. Seminar “Keteladanan”

Pembicara pada kegiatan ini adalah Indra Gerard Bolang, S.Th. Topik diambil berdasarkan ayat Alkitab Yakobus 3 : 9-10 dan 1 Timotius 4 : 12 tentang menjaga perkataan dan tingkah laku sebagai cerminan pribadi yang baik.

  1. Outdoor Activities

Pada sesi ini dibuat 7 pos dan setiap pos memerlukan waktu kurang lebih 15 menit dan untuk setiap game-nya terdiri dari 7 kelompok. Terdapat 7 macam game yaitu Ekor Naga, Gerak dan Lagu Ikuti Aku, Kotak Papan Catur, Mading Tanggung Jawab, Rangkai Kata, Membuat Slogan Tanggung Jawab dan Tokoh Panutan.

  1. Refleski

Pada sesi ini perwakilan siswa dari setiap kelompok diminta mempresentasikan apa yang sudah didapatkan dari rangkaian kegiatan LDK ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Siswa memiliki sikap keteladanan atas dirinya dan kelompoknya
  2. Siswa mampu bekerjasama dalam tim
  3. Siswa memiliki daya juang yang tinggi
  4. Siswa mampu menjadi teladan bagi adik kelasnya

Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain :

  • Siswa dapat mengembangkan karakter, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab dan keteladanan
  • Siswa dapat menjadi teladan bagi yang lain

 

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)