LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Kelas 8 T.A. 2017-2018

Pada tahun pelajaran 2017-2018 siswa kelas 8 sejumlah 152 telah melaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Kelas VIII SMPK 6 Penabur. Acara dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2017 bertempat di Aula, Mini Hall dan Lapangan Sekolah Penabur Muara Karang.

Para panitia terdiri atas Rudof B.M.B, S.TP (Ketua), Maria Y.A, S.Pd (Sekretaris), Christina Natalina, S.Pd (Bendahara), Reriana B, S.Pd, Natalia A.E, S.Pd, Jemmy Oldy, S.S, David Setiawan, S.S (Sie Acara), Kristian A.S, S.Pd (Sie Perlengkapan) serta Yohanes Doni (Sie Dokumentasi).

Kegiatan dimulai dengan “Upacara Bendera” di Lapangan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 07.40 WIB. Kemudian dilanjutkan persiapan lapangan untuk outdoor activities oleh panitia sampai dengan pukul 08.30 WIB. Setelah semua perlengkapan disiapkan maka kegiatan outdoor activities dimulai pukul 08.30 WIB dan selesai pukul 10.00 WIB. Setelah itu siswa istirahat selama 30 menit. Tepat pukul 10.30 kegiatan dilanjutkan dengan seminar “Tanggung Jawab” yang bertempat di Aula.

Materi yang diberikan oleh panitia terdiri atas :

  1. Outdoor Activities

Kegiatan ini dilakukan untuk melatih siswa bekerjasama dalam tim sehingga setiap kelompok dapat bertanggung jawab dengan apa yag mereka lakukan. Ada beberapa permainan yang disediakan oleh panitia yaitu Jejak Langkah, Ekor Naga, Injak Angka dan Tangkap Pingpong. Setiap game diisi oleh 5 kelompok dari masing-masing kelas.

  1. Seminar “Tanggung Jawab”

Pembicara pada kegiatan ini adalah Indra Gerard Bolang, S.Th. Topik diambil berdasarkan ayat Alkitab Kolose 3:23 tentang sikap hidup jujur dan penuh tanggung jawab dan selalu merasakan hadirnya Tuhan dalam kehidupannya.

  1. Refleski

Pada sesi ini perwakilan siswa dari setiap kelompok diminta mempresentasikan apa yang sudah didapatkan dari rangkaian kegiatan LDK ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Siswa memiliki sikap keteladanan atas dirinya dan kelompoknya
  2. Siswa mampu bekerjasama dalam tim
  3. Siswa memiliki daya juang yang tinggi
  4. Siswa mampu menjadi teladan bagi adik kelasnya

Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain :

  • Siswa dapat mengembangkan karakter, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab dan keteladanan
  • Siswa dapat menjadi teladan bagi yang lain

 

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)