Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS T.A. 2017-2018

Di sela-sela proses kegiatan belajar mengajar SMPK 6 PENABUR yang sangat padat, OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) bersama-sama dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (David Setiawan, S.S) mengadakan pemilihan Ketua OSIS dan Wakilnya.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 22 September 2017 dan bertempat di ruang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum oleh karena Aula di sekolah sedang digunakan unit sekolah lain. Tanpa mengurangi tujuan utama dari pemilu (pemilihan umum) ini maka setiap kelas didatangi oleh pengurus OSIS sambil membawa lembar kertas suara untuk dicontreng dan dimasukkan ke dalam kotak suara yang sudah disediakan.

Proses pemilihan ini berlangsung kurang lebih 2 jam dimulai pada pukul 11.30 WIB dan berakhir pukul 13.30 WIB. Panitia yang terdiri dari anggota OSIS terlihat sibuk untuk membuka kotak surat suara dan mulai mengecek lembar demi lembar kertas suara. Selanjutnya kertas suara yang lolos dicatat dan kertas suara yang cacat atau tidak benar dalam pemilihannya dianggap tidak sah.

Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam kegiatan ini antara lain :

  • Siswa belajar untuk menjadi warga sekolah yang bertanggung jawab
  • Siswa belajar untuk menghargai kebebasan dalam memilih calon atau kandidat
  • Siswa belajar untuk menerima kekalahan maupun kemenangan dan tetap memberikan dukungan

 

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)