MPLS2B (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru) T.A. 2017-2018

Pada tahun pelajaran 2017-2018 SMPK 6 PENABUR menerima sejumlah 175 siswa baru untuk penerimaan siswa kelas 7. Seperti biasa maka sebelum para siswa tersebut menjalani aktifitas belajarnya di kelas 7, maka diadakan kegiatan MPLS2B (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru). Kali ini tema yang diambil adalah “Meningkatkan Kepedulian dalam Keragaman”.

Kegiatan tersebut berjalan selama 5 hari, dimulai dari hari Senin, 17 Juli 2017 sampai dengan Jumat, 21 Juli 2017. Materi dari kegiatan tersebut di antaranya adalah :

  1. Tata tertib dan Profil SMPK 6 PENABUR
  2. Worskshop Pramuka dan PBB
  3. Profil Lulusan BEST dan Profil BPK PENABUR
  4. Tata Krama
  5. Kurikulum
  6. Cara Belajar Efektif
  7. Enterpreneurship
  8. Stop Bullying
  9. NAPZA
  10. Pengenalan fungsi serta peran OSIS dan MPK
  11. Wawasan Wiyata Mandala
  12. Demo Ekstrakurikuler
  13. Pengenalan wali kelas
  14. Penutupan dengan karyawisata ke IPTEK dan Anjungan Jawa Timur di TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Tujuan dari kegiatan MPLS2B di antaranya :

  1. Membina proses adaptasi siswa terhadap norma, ketentuan dan kultur kehidupan sekolah dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
  2. Memperkenalkan dan mempersatukan siswa baru dengan warga sekolah lainnya dalam rangka membangun lingkungan sosial sekolah yang menyenangkan, inspiratif, edukatif dan kondusif bagi proses pendidikan.
  3. Membangun kesadaran, tanggung jawab dan peran aktif siswa sebagai warga sekolah, warga negara dan warga dunia.
  4. Menanamkan wawasan Wiyata Mandala sehingga siswa memahami hak dan kewajibannya maupun fungsi dan peran sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan sekolah dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi BPK PENABUR, Visi dan Misi SMPK 6 PENABUR, dan tujuan pendidikan secara komprehensif dan berkelanjutan.
  5. Memperkenalkan berbagai kegiatan dan prestasi sekolah di bidang kurikuler dan ekstrakurikuler dalam rangka memotivasi siswa agar percaya diri, disiplin dan berdedikasi tinggi dalam mewujudkan cita-citanya.
  6. Meningkatkan kepedulian siswa terhadap masalah lingkungan dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat, hijau, aman dan nyaman.
  7. Membangun dan membina kepribadian siswa sehingga menjadi siswa yang berkarakter BEST.

Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dari kegiatan ini adalah :

  • Siswa mengandalkan Tuhan dalam pembelajaran di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari
  • Siswa mampu bersosialisasi dan bersikap empati terhadap teman sebayanya yang baru
  • Siswa mengembangkan karakter jujur, disiplin dan bertanggungjawab serta rendah hati
  • Siswa belajar menjadi pemimpin yang dapat member teladan dan menunjukkan kreatifitas dan keterampilannya melalui penugasan yang diberikan

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)