Entrepreneursix Trip 2017-2018

Sebagai salah satu kegiatan tahunan untuk kelas 7 yang diselenggarakan oleh SMPK 6 PENABUR adalah karyawisata. Pada tahun pelajaran ini panitia menyusun sebuah konsep yang berbeda dibandingkan dengan karyawisata pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini tema yang diambil adalah “Enterpreneurship” karena sebagian besar objek yang dikunjungi adalah perusahaan, baik skala besar maupun kecil.

Pelaksanaan kegiatan karyawisata ini memakan waktu tiga hari dan berlangsung mulai dari hari Senin, 14 Agustus 2017 sampai dengan Rabu, 16 Agustus 2017. Berbagai persiapan telah panitia lakukan dan juga untuk siswa sudah diinformasikan supaya membawa barang terutama pakaian secukupnya. Tidak lupa seluruh peserta termasuk panitia mengenakan jaket yang bertuliskan “SIX” di bagian depan sebagai simbol atau identitas sehingga mudah dalam mengidentifikasi para peserta di tempat-tempat umum.

Hari pertama :

Tepat pukul 06.30 WIB rombongan yang terdiri dari 4 bus berangkat dari sekolah menuju ke Bandung. Perjalanan langsung diarahkan ke objek pertama yaitu pabrik sepatu Tomkins yang beralamat di Jl.Pacuan Kuda II No.56 Sukamiskin, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Seluruh rombongan tiba di tempat tersebut pukul 11.30 WIB oleh karena medan perjalanan yang cukup sempit dan banyak kendaraan besar berlalu lalang. Sesampainya di tempat tujuan  para siswa bergegas menuju ke lokasi pembuatan sepatu mulai dari bahan bakunya, dilanjutkan ke bagian pemotongan dan penjahitan pola, kemudian berpindah ke bagian pemasangan dan pengeleman dan terakhir melihat proses finishing. Setelah kurang lebih setengah jam berkeliling di dalam lokasi pabrik maka seluruh rombongan bergegas menuju ke ruang pajang produk-produk sepatu yang sudah jadi. Banyak siswa yang membeli sepatu oleh karena harganya yang cukup murah. Terlebih lagi ada kejutan bagi siapa saja yang datang berkunjung memakai sepatu merek Tomkins maka akan mendapat sepasang sepatu secara gratis.

Rombongan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Gedogan Café  yang terletak di Jl. Cimanuk No.6 Citarum, Bandung Wetan, Jawa Barat. Rombongan tiba di tempat tersebut sekitar pukul 13.30 WIB. Di tempat ini pula semua peserta melakukan makan siang bersama. Acara dilanjutkan untuk seluruh siswa yaitu Workshop Enterpreneurship yang dibawakan oleh Kak Sam (Pemilik Gedogan Café). Seluruh siswa terlihat antusias mengikuti acara tersebut karena bisa mengenal dasar-dasar berwirausaha. Tidak lupa juga para siswa sibuk membeli makanan maupun minuman yang tersedia di tempat tersebut. Rombongan mengakhiri kunjungan di tempat ini pukul 16.30 WIB. Selanjutnya bergegas menuju ke Galeri Ciumbuleuit Hotel yang terletak di Jl.Ciumbuleuit No.42A, Hegarmanah, Cidadap, Bandung, Jawa Barat, tempat dimana seluruh peserta rombongan akan menginap. Bus-bus yang ditumpangi oleh para peserta tiba secara serentak di tempat tersebut sekitar pukul 18.00 WIB. Tiba saatnya para panitia mulai mengurus pembagian kamar penginapan untuk seluruh peserta sekaligus dilanjutkan makan malam di tempat tersebut. Setelah semua peserta dipastikan mendapatkan kamar maka pukul 09.00 WIB diwajibkan untuk berada di dalam kamar dan beristirahat.

Hari kedua :

Kegiatan hari kedua diawali dengan olahraga bebas selama kurang lebih satu setengah jam dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 07.30 WIB. Setelah itu maka para peserta membersihkan badan dan dilanjutkan untuk sarapan pagi dan renungan.

Pada pukul 09.00 WIB seluruh peserta bergegas memasuki bus masing-masing untuk pergi ke objek wisata Sari Ater di Jl.Raya Ciater, Subang, Jawa Barat. Sekitar satu jam rombongan sudah tiba di tempat tersebut. Sebelum melakukan aktivitas di waterpark para siswa terlebih dahulu mengantri untuk menunggu makan siang. Di tempat tersebut para siswa dan panitia semua mencoba beberapa kolam renang dan wahan air. Sekitar pukul 15.00 WIB seluruh peserta diwajibkan berkumpul kembali dan bergegas menuju bus masing-masing.

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Primarasa, tempat belanja oleh-oleh khas Bandung. Selama kurang lebih dua jam sebagian peserta rombongan berbelanja di tempat tersebut. Ada banyak jenis makanan yang memang hanya tersedia di tempat tersebut sehingga bagi siapapun yang mau membeli harus antri. Para peserta rombongan mengakhiri aktifitas berbelanja sekitar pukul 18.00 WIB. Kegiatan hari ini diakhiri dengan kembali ke tempat penginapan untuk beristirahat.

Hari ketiga :

Hari terakhir diawali dengan renungan pagi dan sarapan sambil mengemas barang-barang bawaan masing-masing. Setelah kurang lebih satu setengah jam lamanya maka tepat pukul 08.00 WIB seluruh peserta menuju bus masing-masing untuk melakukan kunjungan ke objek wisata Museum Konferensi Asia Afrika yang terletak di Jl.Asia Afrika No.65, Bandung, Jawa Barat. Di tempat ini para siswa diberi tugas menjawab beberapa pertanyaan. Ada beberapa orang narasumber dari pihak museum yang memberikan penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan konferensi tersebut. Tidak lupa para peserta juga berfoto-foto untuk mengabadikan kunjungan ini. Kunjungan di tempat tersebut diakhiri sekitar pukul 10.30 WIB.

Rombongan melanjutkan perjalanan terakhir  yaitu ke Museum Pos yang berada di Jl.Cilaki No.73 Bandung. Di tempat ini semua peserta juga menerima tugas menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan dunia surat-menyurat dan perangko. Tidak lupa juga beberapa peserta terlihat memesan perangko khusus yang desainnya sesuai dengan pemesan. Sebelum kembali ke bus masing-masing maka seluruh rombongan berfoto bersama para panitia.

Sekitar pukul 12.30 WIB seluruh peserta kembali ke bus masing-masing dan makan siang di bus tersebut. Perjalanan selanjutnya adalah kembali ke Jakarta. Selama perjalanan terlihat rasa lelah di wajah-wajah para siswa. Seluruh rombongan akhirnya tiba di sekolah SMPK 6 PENABUR sekitar pukul 15.30 WIB.

Tomkins 1

Tomkins 2

Tomkins 3

 

Gedogan Cafe 1

Gedogan Cafe 2

 

Museum KAA : 1

Museum KAA : 2

Museum KAA : 3

Museum KAA : 7B

Museum KAA : 7A

Museum KAA : 7C

Museum KAA : 7D

Museum KAA : 7E

Museum KAA : Panitia

Museum KAA : Souvenir

Museum Pos : 1

Museum Pos : 2

Museum Pos : 3

Museum Pos : 4

 

(Ditulis oleh : Mahlan, S.Si)