Pelayanan ke Sister School SMPK BPK PENABUR JATIBARANG

Pada tanggal 21 Agustus 2017 sampai dengan 25 Agustus 2017 SMPK 6 PENABUR mengirimkan dua orang guru untuk mengajar di sister school, SMPK BPK PENABUR JATIBARANG selama lima hari. Guru-guru yang ikut adalah Pak Sukarno, S.Pd. dan Pak Mahlan, S.Si.; mereka mengajar Fisika dan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Kegiatan ini adalah kegiatan kedua. Pada tahun 2016, SMPK 6 PENABUR mengirimkan lima guru ke SMPK BPK PENABUR JATIBARANG. Pada tahun itu kegiatan dilakukan selama dua minggu. minggu pertama tiga orang guru dan minggu kedua dikirim dua orang guru, tetapi kegiatan tahun ini berlangsung satu minggu.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar. Para peserta didik SMPK BPK PENABUR JATIBARANG sangat antusias dengan kedatangan Pak Sukarno dan Pak Mahlan. Mereka mengikuti setiap pelajaran yang diajarkan oleh kedua guru tersebut dengan penuh antusiasme dan perhatian.

Pak Sukarno dan Pak Mahlan juga sangat bersemangat dalam mengajar. Mereka membuat program-program pengajaran yang menarik, seperti proyek-proyek sains dan pengajaran dengan E-Learning MOODLE. Mereka juga ikut kegiatan-kegiatan di SMPK BPK PENABUR JATIBARANG seperti Upacara, Kebaktian, dan Ekstrakurikuler.

Pak Sukarno dan Pak Mahlan juga berbagi tentang pengalaman mengajar dan saran-saran dalam mengajar ke guru-guru SMPK BPK PENABUR JATIBARANG. Sebagai persiapan untuk menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasi Komputer) maka guru-guru berlatih memasukkan soal-soal ulangan dalam aplikasi E-Learning MOODLE. Para peserta didik pun diberikan uji coba mengerjakan soal-soal ulangan secara online atau berbasis komputer.

SMPK 6 PENABUR juga memberikan peralatan PTD (alat pencetak pin) ke SMPK BPK PENABUR JATIBARANG. Ibu Puji, Kepala Sekolah SMPK PENABUR JATIBARANG, sangat senang dan menyatakan terimakasih atas alat yang diterima tersebut.

Kegiatan Guru Melayani ini sesuai dengan beberapa nilai-nilai PKBN2K yaitu Rendah Hati, Kebaikan, Keberanian, Pengorbanan dan Murah Hati. Hal ini karena dibutuhkan semua nilai-nilai itu untuk mau diutus melayani ke sekolah lain dan juga guru-guru dari sekolah lain. Dibutuhkan pengorbanan dan keberanian juga untuk berada jauh dari keluarga selama seminggu.

 

(Ditulis Oleh : Andreas Aris Ardianto, S.Pd)