Kuliner Bogor

Kuliner Bogor

 

Bogor merupakan salah satu kota di Pulau Jawa yang sering dikunjungi berbagai turis domestik ataupun internasional. Bogor juga terkenal karena kuliner yang sedap untuk disantap. Salah satu kuliner Bogor yang popular di kalangan turis adalah asinan Bogor. Asinan Bogor merupakan jajanan yang rasanya asin dan asam, terbagi menjadi dua jenis yaitu asinan sayur dan asinan buah.

 

Asinan hanyalah salah satu contoh dari beberapa makanan terkenal di Bogor. Contoh lainnya adalah toge goreng yang merupakan makanan khas Bogor. Walau namanya toge goreng, tetapi sebenarnya toge ini tidak digoreng. Toge direbus terlebih dahulu lalu dicampur dengan mi goreng,  telur  kuning, dan tahu yang digoreng. Hidangan tersebut dinamakan toge goreng karena menggunakan mi goreng telur kuning.

 

Bapatong juga merupakan salah satu makanan khas Bogor  yang digemari kalangan anak anak muda maupun dewasa.Walaupun namanya aneh, pikiranmu pasti akan langsung berubah begitu mencoba bakso dengan iga yang segar sekali. Makanan ini merupakan makanan yang paling sering disantap oleh turis maupun warga kota Bogor.

 

Selain asinan Bogor, toge goreng, dan bapatong,  masih ada beberapa makanan yang membuat Bogor terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya adalah laksa Bogor. Laksa memiliki cita rasa yang khas karena ada taburan oncom di hidangan tersebut. Laksa Bogor biasanya dihidangkan dengan toge rebus dan daun kemangi  segar.

 

Bagi yang belum pernah mencoba makanan khas Bogor, Anda harus mencoba Doclang. Doclang adalah jajanan khas Bogor yang diminati banyak orang. Doclang adalah makanan yang terdiri dari ketoprak dan beberapa  rempah lalu ditaruh saus kacang yang rasanya asin dan manis. Bogor memang terkenal karena masakannnya yang nikmat disantap. Karena itu Anda harus datang dan mencoba kuliner di Bogor.

 

Ben Otniel kelas 7A, Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR.

Ditulis dengan berbagai sumber.