Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor – Bukan Sekadar Kebun Biasa

Terletak di Bogor, Jawa Barat, Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia. Kebun yang memiliki luas mencapai 87 hektare ini dulunya merupakan sebuah hutan buatan yang didirikan oleh Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi, raja kerajaan Sunda. Tujuan pembangunan Kebun Raya Bogor untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Setelah itu, pada pertengahan abad 18, Gubernur Jendral Van Der Capellen membangun rumah peristirahatan yang sekarang dinamai “Istana Bogor” di hutan buatan tersebut. Pada awal abad 18, Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles tertarik untuk mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah taman bergaya Inggris klasik.

Sekarang, tempat wisata ini sangatlah beda dengan dulu. Banyak orang berkunjung saat liburan bersama keluarga, dengan sekolah, atau untuk melakukan penelitian.

Gambar 1. Peta Kebun Raya Bogor

Terdapat banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi di sekitar Kebun Raya Bogor. Seperti Museum Zoologi yang berisi kerangka berbagai macam binatang yang sudah diawetkan, bunga bangkai sepanjang 3 meter. Juga rumah anggrek, dimana terdapat sekitar 10.000 spesies bunga anggrek. Ada pula Istana Bogor yang didiami ratusan rusa tutul. Pula ada Taman Teysmann dan Jembatan Gantung Merah yang disebut juga Jembatan Cinta.

Di Kebun Raya Bogor juga terdapat komplek pemakaman Belanda dan Makam Ratu Galuh Mangkualam. Terdapat Grand Garden Café dan Café Kenari untuk menikmati kuliner sambil bersantai. Juga terdapat sebuah masjid bagi penganut Islam.

Untuk menghemat waktu dan tenaga, para pengunjung dapat menyewa sepeda dan mengendarai mobil wisata yang telah disediakan. Pengunjung juga diharapkan untuk mengunjungi Garden Shop Kebun Raya Bogor, dimana terdapat bibit tanaman, anggrek botolan, buku-buku mengenai flora dan fauna, kompos, dan masih banyak souvenir lainnya.

Selain untuk bersenang-senang, pengunjung juga dapat menambah ilmu pengetahuan saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Yeshi Dolma kelas 8C, Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR.

Ditulis dengan berbagai sumber.