Pendapat Siswa-Siswi SMPK 6 PENABUR Mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017

Tentang Pilkada DKI JAKARTA 2017

Related image

15 Februari 2017, penduduk DKI Jakarta akan menyaksikan dan mengalami peristiwa penting yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Peserta esktrakurikuler Jurnalistik SMPK 6 PENABUR tidak melewatkan kesempatan 5 tahunan ini, mereka menuliskan pendapat mereka tentang Pilkada DKI Jakarta, dan hal yang akan mereka lakukan jika mereka jadi gubernur. Di bawah ini adalah pendapat-pendapat mereka. Tulisan sengaja tidak diedit untuk menjaga orisinalitas.

 

1.

Menurut saya, Pilkada serentak tahun 2017 ini merupakan sebuah momentum penting untuk membuktikan sejauh mana kedewasaan masyarakat Indonesia dalam menerima kekalahan. Dan juga menurut saya bahwa lebih baik jika yang memenangkan pilkada serentak pada tahun 2017 ini adalah kalangan orang muda, karena menurut saya, orang muda dapat lebih memajukan Negara dibanding dengan kalangan yang tua.

Harapan saya kepada pemenang pilkada 2017 ini agar lebih sering  menghindari potensi konflik, juga mempererat hubungan Negara Indonesia dengan Negara lain.

Jika saya menjadi gubernur, saya akan membuat Jakarta menjadi tempat yang lebih baik. Mulai dari perkembangan ekonomi, teknologi, politik, dan juga sosial budaya. (Sarah Ariell, 8E)

 

2.

The election will start on the 15th of February 2017. The three candidates of the election are Agus, Ahok, and Anies. My hope for this election is for each side to cooperate. No matter how large the problem is, if every side co-operate it should all work out. Of course each of the candidates has their own opinions on different subjects. But this should not be a point for people to get triggered about. Whoever gets chosen will have to be the final decision. The citizens are the ones that will choose, so they have to be satisfied with the decision.

If I were a governor (which will never happen), I would probably start by solving these labels people have. Discriminations between genders and skin colors. There will be a place for all the homeless. There will be a place for all the street vendors to sell their food.  Democracy and meritocracy will also need to be elevated, because no one seems to care about it anymore. (Yovela, 8D)

 

3.

PILKADA DKI JAKARTA

[15/01/2017] Jakarta akan memilih gubernur dengan haknya sesuai dengan peraturannya para pemilih tidak boleh memilih dua kali dan harus memilih dengan KTP terbaru yakni E-KTP. Pemilih gubernur juga harus memilih salah satu diantara tiga calon gubernur , yakni Agus Hartimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai calon gubernur nomor urut 1, Basuki Tjahja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat sebagai calon urut nomor 2,  Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai calon gubernur nomor urut 3.

Jika saya dapat memilih gubernur saya ingin memilih Ahok – Djarot karena saya sangat mengidolakanya. Dia menggusur rusun rawa dan berjanji akan membangun rumah susun untuk orang yang belum mampu, dan Ahok juga menggusur Kali Jodo dan menjadi tempat taman bermain yang sangat indah. Jika saya menjadi gubernur DKI Jakarta saya berjanji akan menjadikan DKI Jakarta lebih berkembang yakni, membangun MRT, menggusur rusun rawa dan memindahkannya ke rumah susun. Sekian terima kasih.

(Keren Sarwana, 7C)

 

4.

Saya berharap tidak ada keributan yang terjadi dalam pilkada ini. Dengan kejadian – kejadian yang terjadi sebelumnya, masyarakat setempat merasa cemas karena takut akan ada kejadian tidak mengenakkan yang terjadi dalam pilkada. Dan juga banyak tindakan tindakan yang merugikan, seperti ada sebagian orang yang membayar masyarakat untuk mencoblos pilihan mereka. Bisa juga, masyarakat diancam bila tidak memilih calon gubernur yang diinginkan.

Tindakan itu sangat membuat resah para warga. Menurut saya, hasil yang jujur dan berasal dari hati nurani merupakan hasil yang terbaik daripada hasil dari sebuah kecurangan yang membuat kerugian. Saya juga berharap pilkada ini menimbulkan pemmpin atau gubernur yang dapat memajukan provinsi ini dan dapat memimpin dengan baik.

Jika saya gubernur, saya akan mengratiskan semua tiket konser K-Pop dari section paling depan sampai belakang. Saya juga akan menambah kerja sama boygroup K-Pop dengan Indonesia agar para K-Popers di Indonesia berjaya. Buku pelajaran sekolah juga akan saya ganti covernya dengan gambar K-Pop idol agar para penggemar K-Pop makin gemar belajar dan membaca buku.

Saya juga akan menambah K-Pop stuffs dimana mana. Saya juga akan mengirim sebagian populasi penggemar K-Pop ke Korea Selatan untuk belajar di sana sekalian bertemu idol favorit mereka. Saya akan berusaha menyatukan idol dan penggemar agar mereka berjodoh.

(Helen, 8E)

 

5.

Jakarta’s next governor’s Election Day falls on 15th February 2017. The candidates are Agus Harimuti Yudhoyono and Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama and Djarot Saiful Hidayat and Anies Baswedan with Sandiaga Uno. I, as a citizen, hope that whoever will win this year’s election will make Jakarta better than before. Less traffic jam and the voices of citizens will be heard; shelter for the homeless, job for the unemployed and medicine for the sick. Whatever the problems are, how serious they are, I hope that the governor will find a solution to it.

If I were to be the next governor, I would evict those who live on the riverside and build homes for them. I would change the slums into a city park. I would find employment for those who are unemployed. I would build schools for those who don’t have the money to go to one and improve the education system. Each opinion is to be respected so I will let demonstrations to happen. However, they shouldn’t be so aggressive and must follow the rules. I would also erase discrimination on any topic – skin color, gender, and others. (Yeshi, 8C)

 

6.

Harapan saya terhadap Pilkada DKI Jakarta 2017

 

Harapan saya terhadap Pilkada tahun ini adalah:

– Semua warga yang memiliki hak pilih dapat memilih dengan baik dan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang terbaik.

– Saat diadakannya pilkada, posko pemilihan di jaga dengan ketat agar aman dan tertib.

-Saya berharap agar Gubernur yang di pilih dapat mengubah Jakarta lebih baik lagi.

 

Jika saya menjadi Gubernur DKI Jakarta

 

Jika saya menjadi Gubernur DKI Jakarta saya akan:

– Membongkar perumahan kumuh dan memindahkan warganya ke rumah susun yang lebih baik keadaannya

– Saya akan menanam pohon di setiap jalan agar Jakarta lebih segar dan indah.

– Membuat peraturan untuk membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah di setiap wilayah.

– Memberikan sekolah dengan tarif murah untuk anak anak kurang mampu dengan fasilitas lengkap.

– Membagikan makanan kepada warga yang kurang mampu.

– Menyediakan lapangan pekerjaan lebih banyak untuk mengurangi pengangguran di Jakarta.

(Chelsea, 7E)

 

7.

Harapan saya terhadap Pilkada DKI Jakarta 2017

Pada 15 februari 2017 Pemerintah Indonesia akan mengadakan pemilihan kepala daerah serentak.pemilihan ini bertujuan untuk mencari gurbenur yang baru pada setiap daerah. Jakarta memiliki  3 calon gurbenur dan wakil gurbenur yaitu Agus – Silvi,Ahok – Djarot, dan Anies-Sandi. Saya berharap bahwa pada pilkada kali ini akan berjalan dengan lancar tanpa kerusuhan. Saya berharap Ahok karena beliau jujur dalam mengerjakan segala hal dan bijaksana dalam membuat pilihan.

Jika saya adalah gubernur DKI Jakarta maka saya akan membuat fasilitas di DKI Jakarta lebih maju. Saya juga akan  menghukum berat pegawai negeri yang korupsi. saya akan  memaksimalkan penggunaan kereta api untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta. Saya juga akan membuat festival kebudayaan di DKI Jakarta

(Ben, 7A)

 

8.

HARAPAN  SAYA TERHADAP PILKADA DKI JAKARTA 2017

> Dapat berjalan dengan baik

> Bisa lebih mendalam karena ini debat terakhir

> Mudah mudahan yang gubernur yang memimpin DKI Jakarta lebih ramah dan merubah warganya supaya lebih baik

> Siapapun gubernurnya , harus saling support dan terima lapang dada , jangan demo

> Gubernur yang terpilih tidak mengekang dan membatasi kegiatan umat Islam dan hari-hari besarnya

 

JIKA SAYA MENJADI GUBERNUR DKI JAKARTA

> Saya akan membuat kota Jakarta lebih maju dan lebih baik

> Saya akan menjadi pemimpin yang bertanggung jawab

> Saya akan lebih memperhatikan sekitar supaya tidak ada lagi pengangguran

> Saya akan memperbaiki fasilitas kota Jakarta seperti memberi himbauan untuk tidak buang sampah sembarangan dan menyewa tukang kebersihan untuk membersihkan lingkungan yang kotor

> Saya akan menurunkan harga BBM

> Saya akan meringankan berbagai pajak cth : PLN , SPP , DLL

(Alicia, 7D)

 

9.

  1. Harapan saya terhadap pilkada DKI Jakarta 2017

Harapan saya terhadap pilkada DKI Jakarta tahun 2017 ini supaya kota Jakarta bisa berkembang menjadi lebih baik dengan adanya pemimpin baru. Saya berharap pemimpin yang akan menjadi gubernur bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak merugikan masyarakat. Gubernur selanjutnya harus memikirkan orang lain dan membantu mengembangkan kota Jakarta, serta jujur dan tidak korupsi.

  1. Jika saya menjadi gubernur DKI Jakarta 2017

Jika saya menjadi gubernur DKI saya akan melakukan tugas saya dengan baik dan selalu memikirkan masyarakat yang kesusahan. Saya juga akan memprioritaskan pekerjaan saya dan saya tidak mau dipengaruhi oleh orang lain yang mau menjatuhkan saya dengan sengaja. Saya akan terus mengembangkan kota Jakarta menjadi lebih baik.

(Samantha, 8D)

 

10.

Harapan saya pada pilkada DKI Jakarta 2017

Seperti yang kita ketahui, pada tanggal 15 Febuari 2017, adalah pilkada serentak yang dilkakukan oleh banyak daerah di Indonesia. Yang menjadi perhatian utama adalah pilkada DKI Jakarta menguncang Indonesia. Pada pilkada yang mendatang ini, Jakarta memiliki 3  calon gubenur yaitu yang pertama Agus-Silvi, kedua adalah Ahok-Djarot, dan ketiga Anies-Sandi. Pasangan calon yang sekarang sedang booming adalah pasangan Ahok-Djarot. Dan kebetulan, harapan saya pada pilkada ini adalahpilkada dapat berjalan dengan lancar, semoga semua orang dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan terutama saya ingin pasangan AHOK-DJAROT dapat menang dan menjalankan tugasnya sebagai gubenur diperiode keduanya.

Jika saya menjadi gubenur

Jika saya menjadi gubenur, saya tentu ingin menjadikan provinsi saya menjadi terbaik. Yang pertama saya ingin menggusur semua rumah kumuh dan tidak layak di lokasi manapun. Kedua saya ingin DKI Jakarta menjadi kota yang rapi. Ketiga saya ingin semua warga DKI dapat hidup dengan layak seperti memiliki pekerjaan yang layak, rumah yang layak, dll. Keempat, saya akan memecat semua pegawai negri sipil atau biasa disebut PNS, yang tidak masuk kriteria kerja saya yaitu ramah, tidak mengharapkan lebih, dan yang pasti tidak korupsi. Kelima adalah saya tidak ingin ada bangunan apapun yang berada dipinggir sungai ataupun tempat yang tidak layak.

(Christopher, 7A)

 

11.

Harapan saya pada pilkada DKI Jakarta 2017

Seperti yang kita ketahui, pada tanggal 15 Febuari 2017, adalah pilkada serentak yang dilkakukan oleh banyak daerah di Indonesia. Yang menjadi perhatian utama adalah pilkada DKI Jakarta menguncang Indonesia. Pada pilkada yang mendatang ini, Jakarta memiliki 3  calon gubenur yaitu yang pertama Agus-Silvi, kedua adalah Ahok-Djarot, dan ketiga Anies-Sandi. Pasangan calon yang sekarang sedang booming adalah pasangan Ahok-Djarot. Dan kebetulan, harapan saya pada pilkada ini adalahpilkada dapat berjalan dengan lancar, semoga semua orang dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan terutama saya ingin pasangan AHOK-DJAROT dapat menang dan menjalankan tugasnya sebagai gubenur diperiode keduanya.

Jika saya menjadi gubenur

Jika saya menjadi gubenur, saya tentu ingin menjadikan provinsi saya menjadi terbaik. Yang pertama saya ingin menggusur semua rumah kumuh dan tidak layak di lokasi manapun. Kedua saya ingin DKI Jakarta menjadi kota yang rapi. Ketiga saya ingin semua warga DKI dapat hidup dengan layak seperti memiliki pekerjaan yang layak, rumah yang layak, dll. Keempat, saya akan memecat semua pegawai negri sipil atau biasa disebut PNS, yang tidak masuk criteria kerja saya yaitu ramah, tidak mengharapkan lebih, dan yang pasti tidak korupsi. Kelima adalah saya tidak ingin ada bangunan apapun yang berada dipinggir sungai ataupun tempat yang tidak layak.

(Avriella, 7D)

 

12.

Harapan saya terhadap Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 ini adalah semoga pemilihannya berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Saya juga berharap gubernur yang terpilih adalah yang terbaik menurut para pemilihnya, yaitu semua warga DKI Jakarta. Semoga yang terpilih bukan yang terpilih karena curang. Saya juga berharap yang terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta dapat menjadikan Jakarta ibukota yang lebih baik dan maju.

Saya berharap gubernur baru DKI Jakarta akan menepati semua janji yang sudah diberikan pada saat kampanye maupun saat debat pilkada. Para calon gubernur dan wakil gubernur sudah memberitahu program-program mereka dan saya berharap mereka akan mewujudkannya supaya Jakarta menjadi ibukota yang lebih baik.

Jika saya menjadi gubernur DKI Jakarta, saya akan berusaha membuat DKI Jakarta menjadi ibukota yang lebih baik dan maju seperti yang sudah ada di luar negeri. Saya juga akan berusaha menepati semua janji yang sudah diberikan kepada warga Jakarta karena janji-janji dan program yang diberikan saat kampanye adalah harapan semua warga DKI Jakarta.

(Joyceline Chen, 8B)

 

13.

  1. Harapan saya terhadap pilkada DKI Jakarta 2017

Harapan saya adalah supaya Jakarta bisa menjadi kota yang lebih baik lagi dengan pemimpin baru. Pemimpin untuk Jakarta juga harus jujur dan tidak boleh korupsi. Saya juga berharap supaya Jakarta memiliki pemimpin yang benar benar bekerja melaksanakan program nya bukan hanya untuk kampanye saja.

  1. Jika saya menjadi gubernur DKI Jakarta

Jika saya jadi gubernur DKI saya akan membuat Jakarta menjadi kota yang lebih baik lagi. Tidak ada lagi rumah rumah kumuh di kali. Para anak anak yang kurang mampu juga bisas mendapatkan sekolah gratis dan juga untuk para warga yang kurang mampu bisa dapat pengobatan gratis. Saya juga akan mengawasi kerja para pekerja sipil supaya bisa kerja dengan jujur.

(Eugenia, 8B)