Info MPLS2B (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru) 2016 – 2017

*BERITA GEMBIRA BAGI PESERTA DIDIK BARU*

Kini kegiatan Masa Orientasi Sekolah yang dikenal dengan istilah MOS ataupun Ospek sudah tidak boleh aneh-aneh lagi dan namanya sudah berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru (MPLS2B). Pemerintah telah mengeluarkan regulasi tentang pengenalan lingkungan sekolah sebagai bagian kegiatan peserta didik baru.

 

INI YANG DILARANG DILAKUKAN PADA MPLS2B TAHUN AJARAN 2016 – 2017 SESUAI PERMENDIKBUD NO.18 THN. 2016

Dalam rangka memasuki Masa Orientasi Siswa Baru tahun ajaran 2016 – 2017 dengan  kondusif, maka para Orang Tua, Peserta Didik, dan pihak Sekolah baik Kepala Sekolah maupun Guru serta pihak lainnya agar memahami Permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Pengenalan Lingkungan Sekolah ini menggantikan kebijakan terkait Masa Orientasi Siswa yg selama ini rentan menjadi tempat tindak kekerasan terjadi. Permendikbud No.18 Tahun 2016 ini mengatur sanksi yang mengikat bagi ekosistem Pendidikan yang ada di-Satuan Pendidikan.

Dengan adanya Permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, maka mulai tahun ajaran 2016 – 2017 masa Orientasi Siswa Baru berubah namanya menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Penyelenggara kegiatan ini adalah Guru, pada hari dan jam Sekolah, tidak boleh melibatkan Alumni, Senior hanya untuk membantu Guru.

 

Berdasarkan Lampiran III Permendikbud No.18 Thn. 2016 secara tegas sekolah DILARANG MEWAJIBKAN peserta didik baru untuk memakai atribut sebagai berikut:

  1. Tas  Karung, Tas  Belanja Plastik dan sejenisnya.
  2. Kaos Kaki berwarna-warni tidak simetris dan sejenisnya.
  3. Aksesoris di-Kepala yg  tidak wajar.
  4. Alas Kaki yg tidak wajar.
  5. Papan Nama yg berbentuk rumit dan  menyulitkan dalam pembuatannya dan/atau  berisi konten yg tidak bermanfaat.
  6. Atribut lainnya yg tidak  relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Selanjutnya Berdasarkan Lampiran III Permendikbud No.18 Thn. 2016 dinyatakan secara tegas dalam Masa Orientasi Siswa Baru atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah DILARANG melakukan aktivitas sebagai berikut:

  1. Memberikan tugas  kepada Siswa Baru yang wajib  membawa suatu produk dengan merk tertentu.
  2. Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung Nasi, Gula, Semut, dsb)
  3. Memakan dan meminum Makanan dan Minuman sisa  yg bukan milik masing2 Siswa Baru.
  4. Memberikan hukuman  kepada Siswa Baru yg tidak mendidik seperti : menyiramkan Air serta  hukuman yang bersifat fisik  dan/atau mengarah pada tindak kekerasan.
  5. Memberikan tugas yg tidak masuk akal seperti  berbicara dengan Hewan atau  Tumbuhan serta membawa  Barang yang sudah tidak diproduksi kembali.
  6. Aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

 

Selengkapnya silahkan Baca dan Download Permendikbud No.18 Thn. 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah di jdih.kemdikbud.go.id

Harap disebarkan ke semua peserta didik, orangtua, dan guru yang anda kenal.

 

Dengan demikian, kami memberitahukan kepada Bapak/Ibu Orangtua/ Wali Murid Peserta Didik Baru SMPK 6 PENABUR tahun ajaran 2016 – 2017 bahwa Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru (MPLS2B) akan dilaksanakan dari tanggal 21-22, dan 25 Juli 2016 serta diakhiri dengan kegiatan Fieldtrip pada hari Jumat tanggal 5 Agustus 2016. Oleh karena itu perlu dilakukan persiapan baik dari Orangtua peserta didik maupun pihak sekolah guna mendukung ketertiban & kelancaran acara kegiatan MPLS2B 2016 – 2017 ini dengan agenda kegiatan sebagai berikut :

 

Keluarga Besar SMPK 6 PENABUR turut mengundang Bapak/Ibu orangtua peserta didik baru dalam Acara Briefing Orangtua/Wali Murid Peserta Didik Baru dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru (MPLS2B) 2016 & Seminar KKO I bersama Frankie Kusumawardana, S.Psi., MAC (Master of Arts in Counseling). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Juli 2016 dengan susunan acara sebagai berikut :

Waktu

Acara Pembicara

Tempat

09.30 – 09.45

Persiapan dan Renungan Pagi

Ekawati Rini W., S.Si., M.Pd.

Aula

SMPK 6 PENABUR

09.45 – 09.50

Sambutan Kepala SMPK 6 PENABUR Rita Wanti, S.T.

09.50 – 10.00

Tata Tertib MPLS2B

David Sadewa, S.S.

10.00 – 11.55 Seminar KKO I

Frankie Kusumawardana, S.Psi., MAC

11.55 – 12.00 Doa Penutup

Putri Dyaning W. M., S.Psi.

 

Bagi seluruh peserta didik baru SMPK 6 PENABUR tahun ajaran 2016 – 2017 WAJIB mengikuti kegiatan MPLS2B dengan agenda sebagai berikut :

SUSUNAN ACARA MPLS2B TAHUN AJARAN 2016 – 2017

 

Rabu, 20 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Persiapan peserta MPLS2B Mini Hall
07.00 – 07.15 Mari bernyanyi & persiapan renungan pagi
07.15 – 07.30 Renungan pagi
07.30 – 08.00 Pembagian kelompok peserta MPLS2B + pendampingan
08.00 – 08.15 Pengarahan Ketua MPLS2B
08.15 – 09.00 Latihan Upacara Pembukaan
09.00 – 09.15 Istirahat
09.15 – 09.30 Pembuatan name tag peserta MPLS2B

Kelas 7A

Kelas 7B

Kelas 7C

Kelas 7D

Kelas 7E

Kelas 7F

09.30 – 11.30 Masa perkenalan, persiapan yel-yel & persiapan Talent Show
11.30 – 12.00 Menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars BPK PENABUR

 

Kamis, 21 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.30 – 06.45 Persiapan Upacara Aula
06.45 – 08.00 Upacara Pembukaan MPLS2B
08.00 – 08.30 Pengarahan Ekstrakurikuler Mini Hall
08.30 – 09.45 PKBN2K
09.45 – 10.00 Mari Bernyanyi
10.00 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.15 Profil PENABUR & Lulusan (BEST) Mini Hall
11.15 – 12.15 Wawasan Wiyata Mandala Aula
12.15 – 12.30 Eskur Band
12.30 – 13.00 Istirahat
13.00 – 14.00 PBB Aula
14.00 – 14.30 Tata Upacara

 

Jumat, 22 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Aula
07.00 – 08.15 Tata Tertib Sekolah & Pengenalan Kesiswaan
08.15 – 08.45 Health Screening
08.45 – 09.45 9K
09.45 – 10.00 Istirahat
10.00 – 11.00 Tata Krama Aula
11.00 – 11.15 Eskur Fotografi
11.15 – 12.15 Pengenalan Kurikulum
12.15 – 12.45 Istirahat
12.45 – 13.30 Dinamika Kelompok & Pengenalan OSIS Aula
13.30 – 14.30 Cara Belajar Efektif

 

 

Senin, 25 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Aula
07.00 – 09.00 Manajemen Diri
09.00 – 09.45 NAPZA
09.45 – 10.00 Istirahat
10.00 – 12.00 Financial Management in Christian Perspective Aula
12.00 – 12.30 Istirahat
12.30 – 13.30 Pengenalan Administrasi dan

Sarana Prasarana Sekolah

Aula
13.30 – 14.30

Pengenalan Administrasi dan

Sarana Prasarana Sekolah

Sekolah

*1. Lantai 4 : Ruang Aula, Ruang Musik, Ruang Tari, Ruang Tata Boga,  Mini Hall, Rest Room

  1. Lantai 3 : Ruang Guru 1, Ruang Seni Rupa, Ruang Kelas, Ruang Kesiswaan, Ruang Wakakur, Ruang BK, Ruang UKS, Ruang Guru 2, Rest Room
  2. Lantai 2 : Ruang Kepala Sekolah, TU, Ruang Wakamin, Ruang Meeting/Panitia UTS – UAS, Ruang Komputer, Ruang Kelas, Ruang OSIS/Eskur, Ruang Home Industri, Ruang Elektro, Lab. Biologi, Lab. Fisika, Perpustakaan, Rest Room
  3. Lantai 1 : Pos security, Lobby, Lapangan, Taman, Kantin, Parkiran, Rest Room

Nb:

  1. Tiap lantai dibagi dalam 3 kelompok
  2. Tiap lantai memerlukan waktu ± 15 menit
  3. Semua peserta kembali ke aula setelah berkeliling yaitu pukul 14.20 WIB untuk doa penutup (OSIS)

 

Selasa, 26 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 09.00 Tes Minat & Bakat
09.00 – 09.30 Eskur PMR Aula
09.30 – 09.45 Eskur Karate
09.45 – 10.00 Eskur Manga
10.00 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.15 Pengarahan PRAKARYA Aula
11.15 – 11.30 Eskur Robotik
11.30 – 11.45 Eskur Padus
11.45 – 12.30 Persiapan Talent Show & Yel-yel
12.30 – 13.00 Istirahat
13.00 – 13.15 Eskur Guzheng Aula
13.15 – 14.30 Pembagian Kelas & Waktu Bersama Walas Kelas 7A – 7E

 

Rabu, 27 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 09.00 Tes Matematika
09.00 – 09.30 Istirahat
09.30 – 11.30 Tes B. Inggris Kelas 7A – 7E
11.30 – 11.45 Pengarahan peserta ke aula Kelas – Aula
11.45 – 12.00 Eskur Tae kwon do Aula
12.00 – 12.30 Tata Tertib Perpustakaan

(Kel. 1 – 4)

 

Persiapan Talent Show & Yel – Yel

(Kel. 5 – 12)

Perpustakaan

 

 

 

Aula / Mini Hall

 

12.30 – 13.00 Istirahat
13.00 – 13.30 Tata Tertib Perpustakaan

(Kel. 5 – 8)

 

Persiapan Talent Show & Yel – Yel

(Kel. 1 – 4 & 9 -12)

Perpustakaan

 

 

 

Aula / Mini Hall

 

13.30 – 14.00 Tata Tertib Perpustakaan

(Kel. 9 – 12)

 

Persiapan Talent Show & Yel – Yel

(Kel. 1 – 8)

Perpustakaan

 

 

 

Aula / Mini Hall

 

14.00 – 14.30 Eskur Floorball Aula

 

Kamis, 28 Juli 2016

 

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 09.00 Tes IPA
09.00 – 09.30 Istirahat
09.30 – 10.00 Eskur Kolintang Aula
10.00 – 11.30 Sex Education
11.30 – 12.15 Yel – yel & Talent Show
12.15 – 12.30 Eskur Dance
12.30 – 13.00 Istirahat
13.00 – 14.30 Yel – yel & Talent Show Aula

 

Jumat, 29 Juli 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 14.30 Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Aula / Mini Hall / Kelas / Selasar

 

Senin, 1 Agustus  2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 14.30 KBM

 

Selasa, 2 Agustus  2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Kelas 7A – 7E
07.00 – 10.00 KBM
10.00  – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.00 Kebaktian Remaja Kreatif (KRK) Sesi 1 Aula
11.00 – 12.30 Kebaktian Remaja Kreatif (KRK) Sesi 2
12.30 – 13.00 Istirahat
13.00 – 14.30 Kebaktian Remaja Kreatif (KRK) Sesi 3 Aula

 

Rabu, 3 Agustus 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 14.30 KBM Kelas 7A – 7E

 

Kamis, 4 Agustus 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 14.00 KBM Kelas 7A – 7E
14.00 – 14.30 Briefing Fieldtrip Aula

 

Jumat, 5 Agustus 2016

Waktu Kegiatan Tempat
06.45 – 07.00 Renungan Pagi Aula
07.00 – 08.00 Perjalanan menuju TMII TMII
08.00 – 10.00 Museum IPTEK
10.00 – 10.15 Perjalanan ke Museum Hakka
10.15 – 12.00 Museum Hakka
12.00 – 12.10 Perjalanan ke Anjungan Riau
12.10 – 13.00 Anjungan Riau & makan siang
13.00 – 14.30 Back to school

 

Catatan :

  1. Seluruh peserta MPLS2B 2016 – 2017 wajib mengenakan seragam SD sebelumnya selama kegiatan ini berlangsung.
  2. Seluruh peserta wajib membawa alat tulis (buku, pulpen, pensil, penggaris, dan penghapus) selama kegiatan MPLS2B berlangsung.
  3. Seluruh peserta wajib membawa obat-obatan pribadinya dan wajib menginformasikannya kepada Bapak/Ibu guru pendamping kelompok masing-masing.
  4. Setiap peserta wajib membawa sebuah karton buffalo berukuran panjang = 20 cm, dan lebar = 15 cm, warna bebas tetapi terang (putih/biru/hijau/kuning/dll) yang berisi nama, foto close up ukuran 4×6 dan nama kelompok (print out/tulis tangan).
  5. Setiap peserta wajib membawa tali kur 60 cm berwarna biru. Prhatikan contohnya di bawah ini :

Name_Tag