Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR Goes To Gramedia P

Menjadi Penulis? Penyunting? Siapa Takut!

 

Hari yang cerah untuk mengakhiri Ulangan Akhir Semester Genap, sekaligus berkunjung ke Gramedia Pusataka Utama atau yang dikenal pula dengan nama GPU. Hei, ada yang sudah tahu tentang GPU? GPU adalah anak perusahaan dari Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bidang penerbitan buku. Didirikan sejak 25 Maret 1974, GPU telah banyak menerbitkan buku-buku berkualitas baik fiksi, nonfiksi, dan buku-buku terjemahan. Pasti sudah tahu kan mahakarya JK Rowling yaitu seri Harry Potter, atau novel terkenal lainnya seperti Divergent. Itu adalah sedikit dari begitu banyak buku yang diterbitkan oleh GPU.

Kamis, 2 Juni 2016, Tim jurnalistik dan beberapa siswa SMPK 6 PENABUR berkesempatan untuk menggali ilmu dan pengalaman di GPU. Disambut dengan sangat ramah oleh Kak Wisnu dan Kak Vera (kru GPU), kami pun mulai menjelajah gedung yang terletak di Palmerah, Jakarta Barat. Ruang pertama adalah sekretariat. Di sana, para kru GPU menerima setidaknya banyak sekali buku setiap bulannya, mencapai ribuan loh! Banyak sekali ya yang berminat menjadi penulis. Naskah-naskah tersebut lalu dikirim ke redaksi masing-masing. Kami pun memasuki ruang redaksi fiksi. Di sana terdapat beberapa orang penyunting yang bertugas memeriksa naskah-naskah nonfiksi, membetulkan tulisan-tulisan yang salah, dan menentukan apakah naskah-naskah tersebut layak untuk terbit. Ternyata di balik buku yang sukses, bukan hanya ada penulis yang hebat, tapi juga para penyunting yang gigih. Selain redaksi fiksi, ada pula redaksi nonfiksi. Banyak sekali buku-buku yang tertumpuk di meja-meja kerja. Setiap bulannya, ada sekitar 500 buku yang disunting oleh masing-masing redaksi. Wah hebat!

Selanjutnya, kami masuk ke sebuah ruang rapat. Di sana Kak Vera menjelaskan bagaimana proses penerbitan buku. Kami banyak sekali bertanya, misalnya buku seperti apa yang layak terbit, bagaimana caranya mengirim naskah, apalah pelajar dapat menerbitkan buku, dan lain sebagainya. Kami sangat senang karena kru GPU sangat ramah dan  menjawab setiap pertanyaan kami. Di akhir kunjungan, kami dibagikan buku dan berfoto bersama. Semoga ilmu dan pengalaman yang kami peroleh, dapat menjadi semangat kami untuk tetap menulis dan bergiat di bidang jurnalistik.

Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR

IMG20160207121644

IMG20160207121701

IMG20160207134407 (1)

IMG20160207134710