Not All Who Wander Are Lost

Not All Who Wander are Lost

 not-all-who-wander-are-lost-in-elvish

Kutipan tersebut ditulis oleh JRR Tolkien, pengarang The Lord of The Rings dan The Hobbit. Benar apa yang dikatakan Tolkien, tidak semua yang bepergian akan tersesat. Sebaliknya, dengan bepergian kita akan mendapat pengalaman dan pelajaran baru.

Para peserta didik SMPK 6 PENABUR tercinta pasti sudah menonton film The Hobbit “An Unexpected Journey”. Di film tersebut Bilbo Baggins, seorang hobbit muda yang hidup damai tiba-tiba mendapat tamu dari Gandalf dan 13 dwarf. Mereka memberi tawaran Bilbo untuk ikut berpetualang. Bilbo yang awalnya menolak kemudian memutuskan untuk ikut berpetualang bersama Gandalf dan para dwarf.

Perjalanan tersebut menghasilkan pengalaman sangat berharga bagi Bilbo. Dia menemukan banyak hal yang belum dia ketahui sebelumnya. Dengan berpetulalang dan mengalami banyak bahaya,  Bilbo Baggins menyadari bahwa dirinya pemberani dan mampu melakukan hal-hal yang tidak pernah dia pikirkan sebelumnya, seperti menyelamatkan kuda dari para raksasa Troll, melewati Gollum, membunuh serigala, bahkan membunuh Orc. Bilbo juga akhirnya menemukan alasan mengapa ia tetap bersedia ikut berpetualang, yaitu membantu para dwarf untuk mendapatkan kembali rumah mereka di gunung bekas kerajaan Erebor.

Para peserta didik tercinta, hidup adalah sebuah anugerah yang besar dari Tuhan. Sebagai manusia kita diberi kebebasan oleh Tuhan untuk menggunakan hidup kita. Kita pun sebagai manusia diberi kemampuan untuk berpikir supaya kita bisa memanfaatkan hidup kita dengan semaksimal mungkin. Hidup kita ibarat sebuah perjalanan dan kita adalah petualang. Dibutuhkan keberanian untuk berpetualang lebih jauh. Memang ada resiko yang menghadang, tetapi akan ada manfaat yang lebih bila kita bisa menyelesaikan petualangan tersebut.

Yang sebaiknya kita lakukan adalah kita berusaha sebanyak mungkin mengambil kesempatan dalam hidup ini. Para peserta didik tercinta, sebagai murid PENABUR, yang pertama kali harus dilakukan adalah bersyukur karena bisa mengenyam pendidikan di sekolah ini. Dan yang kedua, manfaatkan semua kesempatan dan fasilitas dengan sebaik-baiknya. Kalian di PENABUR, banyak sekali wadah untuk menyalurkan kreativitas kalian, seperti kegiatan ekstrakurikuler, OSN, OSIS, dan lomba-lomba yang lain. “Berpetualanglah”, ikutilah kegiatan-kegiatan tersebut, kembangkanlah talenta kalian, pelajari hal-hal baru, tantang diri kalian, ikuti organisasi, dan temukan kemampuan yang selama ini tidak kalian sadari. Dan seperti yang dialami Bilbo, kalian akan mendapatkan hal penting yang akan berguna untuk bekal kalian di masa depan. Remember: “Not all who wander are lost”.

 All-that-is-gold-does-not-glitterNot-all-those-who-wander-are-lost

Tips Menjadi “Petualang” dalam Hidup Sehari-hari

  1. Siapkan fisik

Jaga kesehatan, pastikan sarapan setiap pagi, istirahat yang cukup, dan minum air putih yang cukup.

  1. Berpikiran positif

Buat diri kalian selalu berpikiran positif. Jika kalian berpikiran positif, hal-hal baik akan datang menghampiri kalian.

  1. Selalu terbuka terhadap informasi (open minded)

Sebagai anak PENABUR, sudah selayaknya kalian selalu open minded dan tahu tentang informasi terbaru.

  1. Percaya diri

Percaya diri merupakan sikap yang harus kalian miliki untuk selalu siap menghadapi “petualangan”

  1. Berani mengambil keputusan

Belajarlah untuk mengambil keputusan. Kemampuan untuk mengambil keputusan merupakan hal yang penting untuk masa depan kalian.

  1. Jangan mudah menyerah

Ini juga sangat penting. Janganlah mudah menyerah jika mengalami halangan atau masalah, teruslah berusaha.

  1. Selalu bersyukur

Sikap selalu bersyukur akan membuat kita selalu bahagia dan merasa disayangi. Dan sebenarnya memang banyak hal yang harus kita syukuri.

  1. Menjalin persahabatan yang baik

Bertemanlah dengan orang-orang yang membuat kamu nyaman dan juga membuat kamu menjadi lebih baik.

  1. Berserah kepada Tuhan

Berusahalah semaksimal mungkin, kemudian berserahlah kepada Tuhan. Percayakan semua usaha kalian kepada Tuhan. Selalu berdoa semoga Tuhan melindungi kalian dalam “berpetualang”.

Selamat “berpetualang”. Tuhan Memberkati.

Andreas Aris A.

Guru B. Inggris SMPK 6 PENABUR