Tips Belajar yang Baik

Hai guys! Kali ini kita akan membahas tentang “Tips Belajar Yang Baik”.

Sebentar lagi, kita akan berhadapan dengan UAS atau yang biasa dikenal dengan Ujian Akhir Semester. Materi UAS banyak sekali bukan? Jika kita tidak mencicil belajar mulai dari sekarang, kita pasti akan kelabakan. Materi yang harus dipelajari sangat banyak dan sebagian besar materinya tidak mudah. Ditambah jika kita masih tidak mengerti materi-materi tersebut. Selain itu, sebagian besar siswa-siswi SMPK 6 PENABUR, saat menjelang ujian biasanya belajar dengan metode SKS atau Sistem Kebut Semalam. Sangat merepotkan ya? Kita bisa tergolek lemah di atas meja belajar dengan pikiran yang tidak fokus.

Kita sudah banyak mengikuti berbagai macam les bimbel untuk meningkatkan prestasi akademik kita. Tapi tetap saja kita masih mendapat nilai yang kurang sempurna. Kita sudah belajar banyak materi di sekolah dan kita harus belajar lagi dan mengulangnya di les. Tentunya otak ini sudah sangat lelah, bukan?

Pekerjaan kita sebagai pelajar mungkin jauh lebih hebat dari pekerja lainnya. Kenapa begitu? Hal tersebut dikarenakan para pelajar, khususnya siswa-siswi SMPK 6 PENABUR bisa pulang lebih malam dari pekerja kantoran loh. Belajar di sekolah dari pukul 06.45 – 14.30 WIB, belom lagi ada kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai les lainnya. Bisa dipastikan kita sampai di rumah masing-masing sekitar jam 9 malam bahkan lebih.

Tidak terasa, sebentar lagi siswa-siswi kelas IX akan menghadapi UN alias Ujian Nasional. Persiapan siswa-siswi kelas IX menuju UN sangatlah berat. Ada banyak proses yang harus dilewati siswa-siswi kelas IX agar siap menghadapi UN, misalnya berbagai macam Try Out mulai dari tingkat sekolah hingga pemerintah, klinik mata pelajaran UN, Ujian Praktik, dan Ujian Sekolahnya lainnya. Boleh dikatakan, siswa-siswi PENABUR memang memiliki otak yang hebat dan kekuatan mental yang luar biasa. Kekuatan fisik dan psikis kita sudah diuji berkali kali dan kita masih sanggup untuk bertahan. Lulusan PENABUR pasti memiliki masa depan yang terjamin. Oleh karena itu, jangan sia siakan waktu belajarmu di sekolah.

Untuk mempermudah kita belajar , berikut ada beberapa tips agar kita siap menghadapi bebagai macam test dengan baik:

  1. Harus memiliki motivasi dan tujuan untuk menyemangati diri sendiri saat sedang susah
  2. Perhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran di depan kelas
  3. Catat hal yang penting
  4. Jangan MENGHAFAL , tetapi DIPAHAMI
  5. Harus fokus (jangan terpengaruh dengan ajakan teman. misalnya: mengobrol, main di kelas, dll).
  6. Mengulang kembali pelajaran yang sudah diterangkan guru
  7. Perbanyak latihan
  8. Pintar mengatur waktu antara bermain dengan belajar
  9. Jangan berpikir jika materi yang diajarkan sulit. Anggap saja materi yang diajarkan itu sebagai sebuah teka teki yang harus dipecahkan layaknya seorang detektif
  10. Harus mempunyai target, supaya nilai kita dapat memuaskan

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi kalian agar bisa melaksanakan ujian dengan baik. Kita harus memilik niat agar mau belajar. Jika kita semangat, materi yang dijelaskan akan lebih mudah untuk dipahami dan sebaliknya. Jangan takut salah karena kita harus belajar dari kesalahan yang dilakukan. Belajar bisa memberikan pengalaman dan ilmu yang tidak terbatas.

Semoga sukses dalam melaksanakan ujian akhir semester. Tuhan Memberkati. (Elena Chrisnandari/MM)

Elena Chrisnandari

Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR