PKBN2K

Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani

 

PENABUR menerapkan program PKBN2K (Pendidikan Karakter Berbasis Nilai – Nilai Kristiani) yang tidak hanya dilaksanakan oleh peserta didik tetapi semua warga sekolah.  PKBN2K bertujuan untuk menanamkan nilai – nilai kristiani kepada semua warga sekolah.  PKBN2K tidak hanya di terapkan di dalam sekolah tetapi juga di luar sekolah, seperti saat berbicara dengan orang tua, kakak, adik, maupun orang lain.

Karakter berasal dari Bahasa Inggris “Character”.  Character dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary (New 8th Edition) didefinisikan sebagai quality and feature that make a person, groups of people, and place different from others.

Nilai-nilai PKBN2K terdiri dari Rendah Hati, Kebaikan, Kesetiaan, Kejujuran, Ketekunan, Ketaatan, Keberanian, Kepedulian, Pengorbanan, Penguasaan Diri, Sabar, Murah Hati.  Keduabelas nilai tersebut sudah dipikirkan matang-matang oleh Bagian Kerohanian BPK PENABUR.  Bukan sesuatu yang mudah untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut ke dalam diri peserta didik.

Kebaikan dalam PKBN2K diterapkan agar murid murid PENABUR selalu bersikap baik terhadap sesama.  Sedangkan kejujuran, agar para murid selalu jujur dalam ujian maupun diluar ujian.  Ketekunan , agar para murid selalu tekun dalam belajar dan dapat mendapat nilai yang bagus.  Penguasaan diri, agar para murid dapat mendengarkan pelajaran dengan baik tanpa bermain main di dalam kelas.  Ketaatan, agar para murid dapat mematuhi peraturan yang telah dibuat sekolah, kelas, dan lain-lain.

Psychology Today menyebutkan bahwa karakter dipengaruhi pandangan seseorang akan baik atau buruk.  Misalnya membantu orang adalah hal yang baik, maka orang tersebut akan mempunyai karakter yang memungkinkan membantu orang lain.  Psychology Today menyatakan bahwa pandangan seseorang terhadap berbagai hal bisa berubah, maka karakter seseorang juga bisa berubah (https://www.psychologytoday.com/blog/happiness-in-world/201104/personality-vs-character).  Website tersebut juga menulis bahwa perasaan mempengaruhi karakter. (https://www.psychologytoday.com/blog/feeling-relating-existing/201203/what-is-character-and-how-does-it-change)

Menurut Pak Karno, guru fisika SMPK 6 PENABUR, penerapan PKBN2K di sekolah dapat dilakukan dengan cara menghargai sesama, jujur, dan rajin belajar.  PKBN2K belum diterapkan dengan baik oleh warga sekolah.  Kata Pak Karno, “PKBN2K sangat penting untuk dilaksanakan di PENABUR, karena jika dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan sikap yang baik bagi para siswa kedepannya.” Manfaat dari penerapan PKBN2K menurut Pak Karno akan menjadikan siswa-siswi menjadi lebih baik.

Menurut Ibu Eka, salah satu guru agama di SMPK 6 PENABUR, PKBN2K belum terlaksana dengan baik dan programnya juga tidak jelas.  Menjadi lebih teratur, tempat melatih dan mengasah pendidikan kristiani merupakan manfaat dari penerapan PKBN2K. Secara pribadi Bu Eka sudah mencoba menerapkan nilai – nilai PKBN2K dalam pengajaran sehari hari, kesadaran dalam merenungkan firman Tuhan dan juga menjadi lebih disiplin. “Proses yang panjang dan harus diulang -ulang akan membawakan hasil yang baik” kata Bu Eka.

Selain guru-guru, beberapa siswa telah kami wawancarai, seperti Satria dari kelas 8C.  Satria berpendapat bahwa PKBN2K belum diterapkan dengan baik, karena masih banyak siswa yang berprilaku menyimpang dari PKBN2K.  Mengisi acara-acara yang berbasis nilai-nilai Kristiani merupakan contoh penerapan PKBN2K di sekolah.  Satria juga mengatakan bahwa PKBN2K sangat penting karena mempengaruhi nilai-nilai Kristiani para siswa dan dapat mengembangkan nilai-nilai Kristiani dalam pribadi setiap siswa.

Nikolas Guizot berkata bahwa PKBN2K akan lebih berfungsi apabila murid murid melaksanakannya dengan baik.  Pelaksanaan PKBN2K belum berjalan dengan lancar karena sulit untuk melakukan hal itu dan membutuhkan niat yang besar.  “Kegunaan dari PKBN2K adalah menjadi semakin baik dan murid murid menjadi lebih ramah terhadap sesama.” kata Nikolas.

PKBN2K adalah pendidikan bedasarkan nilai-nilai kristiani dan sangatlah penting karena membuat kita lebih  baik lagi itulah apa yang dikatakan oleh Irene (9B).  Manfaat PKNB2K bagi sekolah dan murid-murid adalah membuat murid-murid lebih baik dalam bersikap.  Menurutnya kita harus melaksanakan dimana saja seperti rumah,sekolah dan lingkungan karena itu menurutnya semua orang harus melakukanya.namun beberapa siswa tidak melaksanakan PKBN2K dengan baik alasanya menurut Iran adalah salahnya pergaulan di kehidupan kita.

Pendapat sefia (7C), menurutnya PKBN2K adalah suatu sikap yang diterapkan di BPK PENABUR dan sangat diperluhkan supaya kita menjadi murid-murid Kristiani.  PKBN2K berguna untuk membuat sekolah menjadi tempat yang lebih indah manfaatnya bagi kita dan guru-guru agar kita bisa mengembangkan sikap-sikap yang baik.  Sama seperti Iren, kita harus menjalankan PKBN2K di kehidupan sehari-hari sehingga semua orang harus melakukanya.  Menurutnya kebanyakan siswa-siswi tidak melakukan sikap PKBN2K karena banyak percobaan seperti ejekan oleh teman.

Para guru juga berperan dalam pelaksanaan PKBN2K, karena guru menjadi contoh bagi murid murid di sekolah, sehingga para murid akan mempunyai karakter yang diharapkan. (Tim/MM).

TIM JURNALISTIK SMPK 6 PENABUR