Etalase Kujujuran di SMPK 6 PENABUR

Koperasi Sekolah : Organisasi Kesejahteraan Bersama

Sebagai  tempat  keperluan siswa-siswi sekolah, koperasi memiliki peranan penting di sekolah . Salah satunya, jika kita tidak membawa atau tidak mempunyai  barang keperluan sekolah kita dapat membelinya di koperasi sekolah. Tujuan utama didirikan koperasi adalah untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal sekolah, tujuan bersama yang ingin dicapai sekolah adalah kesejahteraan seluruh warga masyarakat sekolah.

SMPK 6 PENABUR memiliki koperasi sekolah.  Koperasi di sekolah kami yang dikenal dengan istilah “Etalase Kejujuran”.  Mengapa disebut etalase kejujuran?  Etalase kejujuran tidak ada penjual yang melayani. Pembeli dipersilahkan mengambil mengambil barang-barang kebutuhannya yang tersedia di etalase tersebut, lalu menaruh uang pembayarannya pada tempat yang telah disediakan. Etalase tersebut siap menyediakan uang kembalianya, artinya semua uang persediaan kembalian maupun uang pembelian disediakan dalam satu tempat atau wadah. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, yang dititik beratkan adalah faktor kejujuran dari diri sang pembeli itu sendiri. Disinilah kejujuran siswa – siswi diuji.

Koperasi SMPK 6 PENABUR menyediakan barang – barang seperti pensil, pen, serutan, kotak pensil, penggaris,  pensil warna,  dan buku tulis.  Selain barang-barang tersebut, dijual juga tempat makan yang beragam motifnya. Pensil dan pen disusun rapi di dalam suatu tabung.  Buku-buku tulis juga disusun secara beraturan dan rapi.  Namun, masih saja terlihat pen, pensil  dan buku tulis yang berserakan.  Buku-buku di rak bagian bawah ada saja yang berserakan dan pensil di rak bagian atas banyak yang keluar dari tempatnya. Terdapat pensil atau pen yang ditaruh di bagian atas kanan dan ada yang ditaruh di bagian bawah kiri sementara bagian tengah rak terlihat kosong sehingga memberikan penampilan yang berantakan.

Charisse Nathania

Tim Jurnalistik SMPK 6 PENABUR