Jambore 2015

Menjadi Lebih Mandiri dengan Jambore

 

Peserta Didik kelas 7 bersama 16 dewan galang kelas 8 SMPK 6 PENABUR mengikuti Jambore tgl 11-12 Juni 2015 di Bumi Perkemahan dan Wisata (BUPERTA) Cibubur. Jambore diadakan serentak bersama dengan peserta didik SMPK PENABUR JAKARTA lainnya.  Jambore ini merupakan kegiatan yang diadakan tahunan. Tujuan dari kegiatan jambore adalah untuk membuat peserta didik lebih mandiri dan merasakan tinggal di alam.  Selain itu, dalam kegiatan ini, peserta didik mempraktekan apa yang sudah mereka pelajari dari esktrakurikuler Pramuka.

 

Tema dari kegiatan jambore ini adalah “Menggalang Persahabatan Melalui Kegiatan Kepramukaan”. Di dalam buku Panduan Jambore ditulis bahwa tujuan kegiatan jambore adalah menjalin persahabatan anggota pramuka se-SMPK PENABUR JAKARTA, meningkatkan keterampilan kepramukaan melalui kegiatan beregu, dan menumbuhkan kepemimpinan melalui pembelajaran yang aktif, kretif, dan sportif.

 

Peserta didik SMPK 6 PENABUR berkumpul di halaman sekolah pukul 06.30 WIB. Mereka berkumpul per regu. Kemudian para Pembina Pramuka memberi briefing kepada mereka. Dan mereka pun dipersilahkan berjalan menuju bis masing-masing.  Peserta didik berjalan rapi dan antusias menuju bis. Mereka membawa barang-barang bawaannya sendiri-sendiri.  Ada 4 bis yang sudah disediakan.  Satu kelas untuk satu bis. Sebanyak 13 guru pendamping ikut kegiatan jambore ini.

 

Peserta didik meninggalkan SMPK 6 PENABUR pukul 07.00 WIB, mereka sampai di Buperta Cibubur sekitar jam 08.00 WIB. Kemudian mereka mencari tenda masing-masing, meletakkan barang-barang dan dengan bersemangat dan rasa ingin tahu mengikuti setiap kegiatan dengan baik.

 

Kegiatan yang ada antara lain kunjungan ke sembilan stand yang sudah disiapkan, seperti Stand Semaphore, Kompas, Panorama, PBB Tongkat, Batik Jumputan, Melukis Centong, Outbound I dan II, dan NAPZA. Selain itu, ada juga kunjungan ke kampung-kampung budaya untuk menambah wawasan dan menjalin persahabatan. Para peserta akan mendapat tanda stempel di buku Panduan mereka untuk setiap kegiatan yang mereka lakukan.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kepramukaan, membentuk peserta didik menjadi semakin mandiri, dapat berorganisasi, disiplin, dapat bekerja sama, ulet, dan ramah. Kegiatan ini juga membuat peserta didik mempunyai teman dari sekolah-sekolah PENABUR lain. Juga, tentu saja, kegiatan ini meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan alam dan sesama manusia.

 

Peserta didik meninggalkan tempat jambore pada tanggal 12 Juni 2015, sekitar pukul 14.00 WIB. Karena kasih Tuhan, perjalanan lancar, tidak macet, maka para peserta didik sampai di SMPK 6 PENABUR pukul 15.00 WIB. Para peserta didik terlihat kelelahan dan mengantuk, tetapi mereka terlihat bahagia, karena mereka telah belajar banyak hal. (AAA/MM).

 

Klik disini untuk dokumentasi jambore 🙂

 

Selamat untuk Pramuka Kelas 7, kalian hebat! Semoga Pramuka dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.