Dunia Mimpi Membawa Clairine ke Juara 2 Lomba Cerpen Tingkat Nasional

Menulis untuk kebaikan jiwa.  Sebab, menulis adalah wadah untuk mengapresiasikan talenta dan memenuhi kepuasan batin.  Apalagi, bila tulisan kita dihargai oleh sesama.  Itulah yang dirasakan Clairine Chrestella, siswa kelas 8D SMPK 6 PENABUR tahun ajaran 2014-2015 setelah meraih peringkat dua dalam lomba menulis cerpen tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kristen Indonesia.  Acara tersebut merupakan rangkaian dari ulang tahun MPK yang ke-65.

 

Melalui karyanya Dunia Mimpi, Clairine menceritakan tentang kisah seorang gadis yang memiliki dua dunia, yakni dunia mimpi dan dunia nyata.  Tokoh tersebut memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan di dalam mimpi, sampai suatu hari pemerintah setempat memerintahkan rakyatnya untuk meminum obat anti mimpi.  Selain tentang fantasi, cerpen ini juga berisi pesan moral Kristiani yang menggugah.  Bahasanya sederhana, tapi sangat menarik sehingga pembaca tidak akan bosan.

 

Masuk dalam finalis 10 besar tingkat SMP, Clairine mengikuti seleksi di Hotel Grand Zuri Mangga dua selama empat hari (10–13 Juni 2015).  Hari pertama, para peserta diajak ke Kota Tua untuk membuat sebuah reportase.  Mereka mengamati dan menyelami isi Kota Tua. Mencari-makna keindahan dan keunikan yang dapat mereka tuliskan lewat gaya tulis berita.

 

Hari kedua, para peserta diwawancarai mengenai karya cerpen mereka.  Sumber inspirasi, para pihak yang mendukung, dan hal yang menarik dari cerpen mereka.  Selain itu, mereka juga membuat sinopsisnya.

Hari Ketiga adalah saat yang ditunggu, yakni pengumuman pemenang.  Bukan hanya tingkat SMP, tapi juga SMA.  Selain itu, juga ada finalis guru berdedikasi tingkat nasional.  Clairine berhasil meraih juara kedua dan memboyong piala serta hadiah berupa uang dan sertifikat.  Acara ini dihadiri bukan hanya oleh petinggi MPK, tapi juga perwakilan dari Menteri Pendidikan.

Terus berkarya, Clairine! Tetaplah menulis untuk memenuhi jiwa. (EN/MM)