Siswa SMPK 6 PENABUR Meraih Medali Emas OSN IPS Nasional Tingkat SMP 2015

OSN

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa SMPK 6 PENABUR.  Timothius Denzel Bernhard Thunggawan selaku wakil dari Provinsi DKI Jakarta berhasil memperoleh medali emas di bidang IPS dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional 2015 yang berlangsung dari tanggal 17 – 23 Mei 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.  Perlombaan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dimenangkan oleh siswa kelas 8 SMPK 6 PENABUR setelah berhasil mengalahkan 132 siswa-siswi terbaik Indonesia.

denzel - Copy

Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu alat untuk mengukuhkan keberhasilan peserta didik terhadap ilmu-ilmu dasar melalui kompetisi keilmuan tahunan berskala nasional yang diikuti oleh para siswa berbakat dan berprestasi pada jenjang pendidikan SMP.  OSN XIV tahun 2015 ini mengambil tema OSN Membangun Manusia Tangguh, Mandiri, dan Berintegritas (Setyorini 2015: ii).  OSN dikuti 132 peserta untuk bidang Matematika, 132 siswa untuk bidang IPA, dan 132 siswa untuk bidang IPS yang telah lulus seleksi OSN tingkat Provinsi. Pembukaan OSN XIV dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Mei 2015 di Hotel Sultan Raja, Sulawesi Tengah.

Kompetisi mulai diadakan pada tanggal  19 – 20 Mei 2015.  Untuk peserta OSN IPS dilaksanakan tes pertama yakni soal pilihan ganda sebanyak 50 nomor di SMP Al-Azhar Palu, dan dilanjutkan dengan observasi lapangan. Peserta OSN IPS kembali menjalani tes teori pada hari kedua dan kali ini berupa esai dan peta konsep yang bertemakan Masyarakat Ekonomi Asia serta beberapa nomor yang berhubungan dengan observasi peserta kemarin.

Upacara Penutupan dan Penganugerahan Medali OSN 2015 dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Mei 2015 di Hotel Swiss Bell.  Terdapat lima orang peraih medali emas, sepuluh orang peraih medali perak, dan lima belas orang untuk peraih medali perunggu.  Peraih medali emas IPS adalah Ruby Firdaus dari SMPN 1 Singaraja, Kab. Buleleng, Bali, Rionanda Dhamma Putra dari SMP Dian Harapan, Kab. Bekasi, Jawa Barat, Jonea Christie dari SMPK PENABUR Serang, Banten, Timothius Denzel Bernhard dari SMPK 6 PENABUR, DKI Jakarta, dan Moch. Daffa Septianezra Hakim dari SMPN 1 Bandung, Jawa Barat.

Kepala SMPK 6 PENABUR, Rita Wanti, S.T., mengaku sangat bangga memiliki siswa yang meraih prestasi juara pertama dalam ajang OSN bidang IPS Tingkat Nasional.  Ini karena meraih medali emas merupakan prestasi tertinggi yang diraih siswa dalam lomba OSN. Selain itu, Denzel juga mewakili Provinsi DKI Jakarta di tingkat Nasional. (MM/AAA).

Selamat untuk perjuangan dan prestasimu, Denzel!