UJIAN PRAKTEK 2014 – 2015

Menjelang Detik-detik pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015, peserta didik SMPK 6 PENABUR wajib mengikuti Ujian Praktik. Ujian Praktik berlangsung dari tanggal 23–27 Februari 2015 dari Pukul 07.00 – 13.00 WIB . Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, Agama, Penjas, TIK, Ketrampilan dan Kesenian. Ujian Praktik Sekolah merupakan bagian dari seluruh rangkaian Ujian Sekolah yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata palajaran yang diujikan secara praktik langsung. Ujian praktik ini juga merupakan rangkaian dari ujian akhir peserta didik kelas IX yang harus disikapi secara serius oleh para peserta didik karena nilai ujian praktik punya andil dalam kelulusan mereka.

Berikut jadwal ujian praktik SMPK 6 PENABUR

Hari Jam

Kelas

9A 9B 9C 9D 9E

9F

Senin 6.45 – 9.45

Penjas

B. Inggris & Agama IPA B. Indonesia
9.45 – 10.15 ISTIRAHAT
10.15– 13.15 B. Indonesia IPA Keterampilan Keterampilan
Selasa 6.45 – 9.45 IPA B. Indonesia Penjas TIK
9.45 –10.15 ISTIRAHAT
10.15– 13.15 B. Indonesia TIK Keterampilan Keterampilan B. Inggris & Agama
Rabu 6.45 – 9.45 TIK IPA Penjas B. Indonesia B. Inggris & Agama
9.45 –10.15 ISTIRAHAT
10.15– 13.15 Keterampilan Keterampilan TIK B. Inggris & Agama Penjas IPA
Kamis 6.45 – 12.45 KESENIAN
Jumat 6.45 – 9.45 B. Inggris & Agama Penjas B. Indonesia IPA TIK
9.45 –10.15 ISTIRAHAT
10.15– 13.15 B. Inggris & Agama

TIK

Ujian Praktik dari pelajaran Kesenian meliputi Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari, dan Seni Rupa.  Ujian Praktik Seni Rupa dilaksanakan di tribun dan sepanjang selasar lantai dua SMPK 6 PENABUR. Sementara itu, Ujian praktik mata pelajaran Seni Musik, Seni Suara, dan Seni Tari diadakan di aula SMPK 6 PENABUR, yang berada di lantai 4 dan berlangsung sangat menarik serta menghibur. Para peserta didik dan penguji yang di sana sangat menikmati setiap penampilan dari peserta didik .

Dokumentasi Ujian Praktik Mata Pelajaran Kesenian

Ujian praktik Bahasa Inggris juga diadakan di aula. Ujian praktik Bahasa Inggris yang berkolaborasi dengan ujian praktik Agama mengharuskan peserta didik untuk menampilkan drama Bahasa Inggris bertema cerita Alkitab, seperti Kebangkitan Lazarus, Bahtera Nuh, Salomo, dan cerita-cerita lainnya.

Dokumentasi Ujian Praktik Bahasa Inggris dan Agama

Mata pelajaran IPA terdiri dari Fisika dan Biologi. Ujian praktik IPA berlangsung secara bergantian, sebagian peserta didik mengikuti ujian praktik Biologi dan sebagian lagi mengikuti ujian praktik Fisika.  Untuk ujian praktik Biologi, peserta didik diharuskan untuk menjawab 10 pertanyaan selama 30 menit.  Materi yang diujikan berupa Alat dan bahan laboratorium, Klasifikasi Makhluk Hidup, Ciri Makhluk Hidup, Sistem Gerak, Fotosintesis, Uji Makanan, Sistem Reproduksi Manusia, Sistem Reproduksi Hewan dan Tumbuhan, Kelangsungan Hidup Organisme, dan Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dokumentasi Ujian Praktik Biologi

Ujian praktik Fisika mengharuskan pesera didik untuk melakukan praktik materi yang telah dundi.  Materi tersebut adalah Listrik, Rangkaian Seri dan Paralel, Frekuensi dan Periode Ayunan Sederhana, dan Alat Ukur Panjang.  Setiap peserta didik wajib menyelesaikan praktikum mereka selama 30 menit.

Dokumentasi Ujian Praktik Fisika

Untuk ujian praktik Bahasa Indonesia, para peserta didik ditugaskan membuat musikalisasi puisi.  Kegiatan tersebut dilakukan di Ruang Musik.

Dokumentasi Ujian Praktik Bahasa Indonesia

Pelajaran Keterampilan meliputi Home Industry, Tata Boga, Elektro, dan Desain Grafis.  Ujian praktik Desain Grafis mengharuskan peserta didik untuk membuat poster bertema pariwisata dan pada ujian praktik Elektro, siswa harus mampu membuat rangkaian sirine polisi di PCB (Print Circuit Board).  Untuk pelajaran Tata Boga dan Home Industry, mereka diharuskan memasak makanan. Untuk Home Industry, mereka harus mengolah produk olahan sederhana yang bernilai ekonomi. Di Tata Boga, mereka harus bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat saat pelatihan table manner serta memasak makanan appetizer, main course, dan dessert seperti cream corn soup, steak, french fries, dan pudding oreo.

Dokumentasi Ujian Praktik Elektro

Dokumentasi Ujian Praktik Home Industry

Dokumentasi Ujian Praktik Tata Boga

Ujian praktik TIK mewajibkan peserta didik untuk membuat website serta mengaplikasikan program Microsoft Word serta Microsoft Excel.  Untuk mata pelajaran Penjaskes, ujian praktik yang dilakukan adalah Lari shuttle run, Service Volley sebanyak 5x, dan Senam Ketangkasan statis (kayang, sikap lilin, atau kop stand) dan dinamis (roll depan, lompat harimau, atau lompat kangkang).

Dokumentasi Ujian Praktik Penjas

Pelaksanaan ujian praktik di SMPK 6 PENABUR berlangsung lancar. Peserta didik mampu menunjukkan ketrampilan yang sudah dipelajari mereka hampir selama 3 tahun di sekolah tersebut. Peserta didik memang merasa lelah dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mempersiapkan ujian praktik tersebut, tetapi semua itu terbayar dengan hasil yang mereka dapatkan. Senyum dan perasaan lega terpancar dari mereka sesudah mereka melakukan ujian praktik. Ya, memang untuk mendapatkan hasil yang bagus, persiapan yang sungguh matang memang diperlukan. (MM/AAA).