Workshop Kedisiplinan dan Kepemimpinan

Siapa yang tidak kenal dengan Barrack Obama? Pemimpin tersohor di Amerika. Juga Susilo Bambang Yudhoyono, anak bangsa yang memimpin Indonesia selama dua periode ini. Mereka adalah orang-orang hebat yang tentu saja melalui proses panjang sebelum menjadi para pemimpin.

Dewasa ini, kepemimpinan menjadi aspek yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kemajuan zaman yang begitu pesat mengharuskan kita untuk memiliki karakter yang kuat untuk dapat menghadapi masa ini. Untuk itulah SMPK 6 Penabur mengadakan kegiatan Workshop Kedisiplinan dan Kepemimpinan untuk siswa kelas 8. Diharapkan, kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap disiplin dan menghasilkan pemimpin-pemimpin hebat.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Jumat, 5 September 2014 di Aula SMPK 6 PENABUR dan diselenggarakan oleh guru-guru yang bekerja sama dengan empat Marinir Angkatan Laut.  Para siswa kelas 8 yang serempak memakai baju olahraga mengawali kegiatan ini dengan doa. Selepas doa, kegiatan dilanjutkan dengan latihan PBB di lapangan, pembekalan kepemimpinan di aula, istirahat siang, dan games di aula.

Latihan PBB merupakan kegiatan yang mengharuskan siswa untuk disiplin terutama saat baris-berbaris. Siswa tidak hanya diajarkan bagaimana sikap yang benar saat upacara, tetapi juga memiliki mental dan fisik yang kuat. Sama halnya dengan latihan PBB, pembekalan kepemimpinan juga diharapkan dapat membentuk siswa menjadi disiplin. Karena dengan displin, maka jiwa pemimpin akan terbentuk pada pribadi maisng-masing. Selain PBB dan pembekalan kepemimpinan, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan games. Diantaranya memasukkan pensil ke dalam botol dan berjalan bersama dengan kardus. Kekompakan tim dibutuhkan untuk dua permainan ini. banyak tawa dan kesenangan saat games berlangsung.

Secara keseluruhan, para siswa mengikuti acara ini dengan cukup antusias. Walaupun para marinir mengajar dengan tegas, namun tetap banyak tawa pada kegiatan ini.

Dengan selesainya peserta didik baru mengikuti kegiatan kegiatan ini, maka peserta didik diharapkan dapat menjadi pemimpin yang baik terutama pemimpin bagi diri sendiri.

Selamat jadi pemimpin!