MOPDB 2014

SMPK 6 PENABUR mengadakan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) pada tanggal 14-18 Juli 2014. MOPDB tahun ini bertemakan “SUPERHEROES : Success Perceived by Helping Others”.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru yang masih “hijau” kepada sekolah baru tercinta mereka, yaitu SMPK 6 Penabur.

MOPDB diselenggarakan oleh guru-guru SMPK 6 Penabur dan anggota OSIS SMPK 6 Penabur. Kegiatan penting ini dibuka dengan upacara bendera bersama peserta didik kelas 8 dan 9. Bu Rita Wanti, S.T. sebagai Kepala Sekolah SMPK 6 Penabur melakukan pengalungan nametag kepada dua perwakilan peserta didik baru.

Setelah upacara, peserta MOPDB mengikuti sesi yang dibawakan oleh guru-guru dan kakak-kakak kelas mereka. Beberapa sesi yang dibawakan oleh guru-guru adalah PKBN2K, Kurikulum, Wawasan Wiyata Mandala, Demo ekstrakurikuler, PBB (baris-berbaris). Sedangkan sesi yang dibawakan oleh kakak kelas mereka adalah Pengenalan OSIS, dan Peer Educator (tentang Napza).

Para peserta didik baru mengikuti setiap sesi dengan antusias. Senyum, tatapan penuh perhatian, dan acungan jari yang menunjukan keinginan untuk bertanya selalu menyertai setiap sesi. Untuk sesi baris berbaris, para peserta didik mengikuti sesi tersebut dengan penuh semangat dan rendah hati untuk belajar.

Kegiatan MOPDB ini ditutup dengan fieldtrip ke Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan Museum Nasional pada hari Jumat, 18 Juli 2014.

Peserta didik dan anggota OSIS mencurahkan energi dan pikiran mereka dengan baik pada fieldtrip tersebut. Mereka dengan sopan dan antusias melihat koleksi benda di setiap museum, juga mendengarkan penjelasan guides dengan baik. Peserta didik baru juga menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang museum-museum yang mereka kunjungi di dalam lembar tugas yang diberikan guru dengan teliti.

Peserta didik baru juga bermain dan bercanda bersama pada saat games dan talent show yang difasilitasi oleh peserta OSIS. Di akhir acara, Esther, ketua OSIS SMPK 6 Penabur, membacakan dan memberikan penghargaan kepada 10 peserta MOPDB terbaik dan 1 kelompok terfavorit.  Setelah itu, mereka pun kembali ke sekolah dengan kenangan akan fieldtrip yang berkesan.

Dengan selesainya peserta didik baru mengikuti kegiatan MOPDB tersebut, mereka resmi menjadi warga SMPK 6 Penabur. (Esther Feliciana/AAA/MM)

Selamat ya bagi peserta didik baru SMPK 6 Penabur, selamat belajar!