Motivation Training

Setiap manusia memiliki ritme yang berbeda dan sering kali motivasi dapat naik turun bak roller coaster yang kadang di atas kadang di bawah dalam waktu yang cepat. Begitu juga siswa yang seringkali hari-harinya membuat mood dan motivasi bisa melambung dan seketika anjlok di tempat terendah karena berbagai persoalan yang menurut kita biasa atau “ah Cuma segitu aja“, namun romantika remaja memang sulit untuk di mengerti untuk itu perlyu dukungan dan semangat serta motivasi dari luar. Sekolah menangkap kebutuhan itu dan bekerjasama dengan Tim BK untuk mengadakan Motivation Training dan mengundang “Toms” yang di komandoi oleh Sir. Thomas Kristo yang kini menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMPK Kota Wisata yang ahli di bidangnya untuk memberikan materi dan modul untuk mengangkat lagi semangat dan mood yang sedang naik turun sehingga mendapatkan dampak yang baik yaitu hasil belajar yang baik.

Tiap pribadi memiliki kebutuhan yang berbeda untuk itu tiap personal training harus jeli dan melihat tiap kebutuhan anak agar anak dapat “tersentuh” dan tancap gas dalam hal belajar, bukan semata-mata mengacu kepada hasil tapi proses dan perubahan sikap dan perilaku terhadap lingkungan. Dengan berbagai materi dan yel-yel yang membuat semangat sehingga nuansa yang terbangun positif di setiap sesi yang harus anak ikuti, dan mereka di beri tantangan untuk bisa beradaptasi dan bekerja tidak hanya sebagai pribadi namun juga sebagai kelompok. Situasi ini cukup membantu anak yang terbiasa untuk melakukan semua dan berbagai situasi untuk mau bekerja sama dalam satu kelompok, cukup banyak siswa yang merasa kesulitan dalam role play, baik sikap mereka yang masih egosentris, ada juga yang menyalahkan, dan ada juga yang merasa bahwa lebih bisa menyelesaikan sendiri dengan caranya.

Yang pasti setiap anak mendapat kesan dan pengalaman yang berbeda sehingga mereka dapat menyadari pentingnya motivasi dalam membangun kondisi yang ideal dalam mengembangkan kemampuan baik secara soft skill dan hard skill serta kemampuan beradaptasi. Seperti hasil penelitian yang menyatakan EQ lebih menentukan dibanding IQ. Salam Sukses. (BK)