3R (Reuse Reduce Recycle) Sampah – Januari 2014

ReuseReduceRecycle3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sampai sekarang masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya. Penerapan sistem 3R atau reuse, reduce, dan recycle menjadi salah satu solusi pengelolaan sampah di samping mengolah sampah menjadi kompos atau meanfaatkan sampah menjadi sumber penghasilan. Justru pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari.

3R terdiri atas reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Melakukan 3R (Reuse Reduce Recycle) Setiap Hari. Mengelola sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja (setiap hari), di mana saja, dan tanpa biaya. Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu dan kepedulian kita.

Berikut adalah kegiatan 3R (Reuse Reduce Recycle) yang dapat dilakukan di rumah, sekolah, kantor, ataupun di tempat-tempat umum lainnya. Kreasi ini adalah sebuah produk hasil daur ulang dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi menjadi barang yang akan menemani keseharian Anda dengan desain unik, lucu, sederhana serta menarik. Sebuah karakter unik yang kami bentuk untuk menghiasi kamar Anda. Terbuat dari barang daur ulang seperti keping CD/DVD bekas serta beberapa barang lainnya, yang disiapkan dalam berbagai pose yang lucu. Kami dari siswa-siswi SMPK 6 BPK PENABUR Jakarta berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk lingkungan, dengan mendaur ulang bahan-bahan yang sudah terbuang. Dengan memanfaatkan keping CD/DVD bekas yang sudah tak terpakai menjadi barang yang bisa dimanfaatkan untuk menghias ruangan-ruangan atau kamar tidur. Berikut beberapa hasil karya yang kami buat.


(supriyono)