Winter Camp 2013

Liburan natal di 2013 kali itu, Penabur menawarkan program winter camp ke Shan Dong, Qing Dao, China. Nah, program ini merupakan kegiatan pertukaran budaya antara China dan negara lainnya. Peserta winter camp pun berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, dan New Zealand. Peserta dari Indonesia juga bukancuma dari Jakarta loh. Ada juga yang dari Bandung dan Pekanbaru. Total peserta tahun 2013 ini ada 160 peserta.

Kita berangkat dari SoekarnoHatta International Airport jam 00.40 tanggal 15 Desember 2013. Nah, untuk sampai di kota tujuan, kita harus transit 2 kali. Pertama, di bandara Xiamen, terus sekalilagi di bandara Beijing. Cape sih, soalnyadari Jakarta ke Qing Dao itu membutuhkan waktu total 11 jam. Jadi begitu sampai Qing Dao, kita langsung dijemput sama relawan dari sana dan menuju hotel.

Karena kegiatan kali ini merupakan “Wu Dao Dong Ling Ying” atau bisa dibilang dancing camp, jadi kerjaan kita ya belajar tarian dari China. Karna 160 orang itu terlalu banyak buat diajarin jadi satu, jadi kita dibagi menjadi 6 kelompok. Rata-rata, 1 kelompok belajar 2 tarian khas China. Tapi ga cuma nari aja kok, ada juga kegiatan outdoor seperti jalan-jalan ketempat wisatanya, juga ada shopping.

Tarian yang kita pelajari selama 15 hari itu kita tampilkan didepan pimpinan-pimpinan dari China di hari penutupan acara winter camp. Ada juga tarian daerah dari Indonesia dan New Zealand yang ga kalah menarik.  Di acara penutupan ini, kita juga dibagiin sertifikat dan penghargaan dari pemerintah sana (China) juga.

Di kegiatan winter camp yang seru ini, selain kita bisa menghabiskan waktu liburan, kita juga bisa ketemu banyak temen-temen baru. Bisa punya pengetahuan baru tentang negara China, dan tentunya pengalaman baru. So, see you ya di wintercamp 2014. (-Michelle Kezia, SMPK 6-)