3R (Reuse Reduce Recycle) Sampah – November 2013

ReuseReduceRecycleDaur ulang adalah salah satu proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah, yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Materi yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah plastik, logam, tektil, kertas, dll. Daur ulang merupakan strategi dalam pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai.

Dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalah proses hirarki sampah 3R (Reuse, Reduce, Recycle). 3R kali ini dilaksanakan pada hari Selasa, 29 November 2013 di mini hall SMPK6 Penabur, yang dilaksanakan dari pukul 10.30 – 13.30 WIB, yang diikuti dari kelas VII (7A-7E) dan VIII (8A-8F).

Pelaksanaan 3R ini berjalan dengan lancar dan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Kesempatan kali ini kami mendaur ulang majalah-majalah bekas yang akan diproses atau dibuat menjadi vas bunga, pajangan burung-burungan tempat menaruh pinsil dan pulpen. Anak-anak sangat antusias mengerjakan 3R ini, dikarenakan mendaur ulang majalah bekas ini tidak sulit dan hasilnya pun sangat bermanfaat.


(santi)