SMPK6 PENABUR Muara Karang Goes To Museum

Pada tanggal 19 Juli 2012,para peserta MOPDB SMPK 6 PENABUR mengikuti study tour ke beberapa museum yang berada di jakarta. Acara ini dilaksanakan sebagai penutup rangkaian kegiatan MOPDB. Mereka mengunjungi 3 museum, yaitu museum Bank Indonesia, museum Fatahillah, dan museum Nasional.

Mereka didampingi oleh 4 orang pengurus OSIS dan beberapa orang guru.  Pada pagi hari sebelum berangkat, para peserta MOPDB berkumpul di aula untuk briefing dan dibagikan kaos. Sekitar pukul 08.00, para peserta memulai perjalanan mereka dengan menggunakan 4 buah bus. Di museum, mereka diharuskan untuk mengisi lks yang diberikan oleh guru pendamping serta mengerjakan tugas laporan kelompok.

Museum pertama yang dikunjungi adalah museum Bank Indonesia. Disana para peserta dibagi menjadi 2 grup. Masing-masing grup dipandu oleh 1 orang tour guide dari museum bank indonesia. Disana mereka diajak untuk berkeliling museum Bank Indonesia. Mereka sangat terkesan dengan uang-uang kuno serta barang-barang lainnya yang disimpan di museum tersebut.
Setelah selesai mengunjungi museum Bank Indonesia, para peserta segera menuju museum Fatahillah yang letaknya tak jauh dari museum Bank Indonesia. Museum Bank Indonesia dan museum Fatahillah sama-sama terletak di kawasan kota tua. Di museum Fatahillah, para peserta kembali dibagi menjadi 2 kelompok yang masing masing dipandu oleh seorang tour guide. Di museum tersebut, para peserta diajak berkeliling melihat benda-benda peninggalan khas betawi serta melihat penjara bawah tanah yang digunakan pada zaman kolonial Belanda.

New Picture (2) New Picture (3)

Sekitar pukul 11.00, para peserta kembali ke bus masing-masing untuk makan siang. Perjalanan yang cukup melelahkan ini membuat mereka lelah dan lapar. Selesai makan siang, para peserta melanjutkan perjalanannya.  Mereka menuju ke museum Nasional yang merupakan tujuan terakhir dari study tour ini.
Museum Nasional merupakan museum yang menyimpan benda-benda peninggalan kebudayaan indonesia. Museum ini sangat luas dan letaknya agak jauh dari museum Bank Indonesia dan museum Fatahillah. Di museum ini, para peserta tidak lagi didampingi oleh tour guide. Disini para peserta diperbolehkan untuk melihat lihat benda-benda di museum dengan syarat mereka harus tetap tertib. Ternyata disana mereka bertemu dengan beberapa orang mahasiswa yang sedang membatik di sebuah kain yang sangat panjang. Para mahasiswa tersebut menawarkan para peserta untuk mencoba membatik. Beberapa pesertapun mencoba dan mereka terlihat sangat antusias. Setelah puas berkeliling dan melihat benda-benda di museum ini, para peserta segera berkumpul untuk kembali ke bus.

New Picture (4)

Tidak terasa hari sudah siang dan perjalananpun sudah selesai. Tepatnya pukul 14.00, para peserta sudah kembali ke bus masing-masing. Dalam perjalanan pulang, banyak dari mereka yang terlihat sangat lelah setelah seharian mengunjungi beberapa museum. Namun, study tour ke museum ini merupakan salah satu pengalaman MOPDB yang sangat berkesan bagi mereka.

 

Best Regards

 

Panitia MOPDB SMPK 6