TEACH FROM THE HEART “Pembinaan Guru dan Karyawan SMPK 6 Muara karang dan SMPK 5 Cipinang PENABUR

Pada tanggal, 21 Desember 2009 dihadapan guru dan karyawan, dalam suatu ruang pertemuan SMPK 6 PENABUR, seorang pria berambut putih, dengan tinggi badan yang tidak lebih dari 162 cm, berdiri lalu berbicara dan sering kali melontarkan beberapa butir pertanyaan kepada seluruh guru dan karyawan SMPK 6 dan SMPK 5 PENABUR yang hadir saat itu, pria itu adalah Pdt.Ben Maleakhi.

Beliau hadir di SMPK 6 PENABUR sebagai nara sumber pada kegiatan pembinaan Guru dan karyawan SMPK 6 dan SMPK 5 PENABUR, pembinaan guru ini bertemakan “Mengajar dengan hati, menenangkan jiwa, Meraih bintang”

Fokus pembicaraan Pdt.Ben Maleakhi dalam kesempatan tersebut adalah tentang what and how to “teach from the heart”,(Siapakah guru kristen?). Seorang kristen yang adalah guru, bukan seorang guru adalah kristen. Selain itu, Pdt.Ben Maleakhi juga menjabarkan banyak hal tentang mengajar dengan hati, diantaranya adalah mengajar dengan kasih (firman-iman-kasih-karya) menurut Martin Luther; educating mind and hearty to change the world; berbagai masalah dalam praktek belajar mengajar; dan value system.

Pdt.Ben Maleakhi mengatakan bahwa, sebelum seorang kristen menjadi guru, ia sudah menjadi murid Kristus (Yoh 15;8, 13;34-35). Menjadi murid Kristus bukan syarat, tetapi hakikat alasanya, sebab itu bukan beban, atau dengan kata lain, bukan kita yang memilih menjadi murid, tetapi Kristus yang memilih kita.

Ia juga menegaskan bahwa setiap guru harus memelihara kondisi agar tetap segar secara rohani, juga jasmani, dan semua hal besar selalu diawali dengan dua kata kecil: Start Now, demikian salam penutup dati Pdt.Ben Maleakhi kala itu